Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Khawatir Harga Cabe Naik Lima Kali Lipat

Rabu, 13 Juli 2011 – 09:25 WIB
Khawatir Harga Cabe Naik Lima Kali Lipat - JPNN.COM
BANDUNG - Bayangan harga cabe melonjak menembus Rp40 ribu per kilogram, seperti Ramadhan tahun lalu, sudah membuat warga cemas. Memang, untuk saat ini, kenaikan harga masih jauh dari angka itu. Di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, misalnya, harga "masih" Rp. 5000 per kilonya, dari sebelumnya Rp4.000.

Jajang Sumarna, 26, warga Kampung Cisalasih RT 1/5 Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengatakan, bukan tidak mungkin harga cabe tiba-tiba melonjak.

"Biasanya, harga cabe akan melonjak pada Ramadhan dan menjelang Lebaran. Tahun lalu saja, harga cabe mecapai Rp25-40 ribu per kilogramnya. Bahkan, cabe rawit tahun lalu pernah dibanderol hingga Rp8 ribu per kilogram. Biasanya, harga cabe itu mulai marema pada tanggal 25-an bulan puasa. Itu juga jika tidak ada gangguan berupa cabe impor," ujar Jajang yang bercocok tanam Cabe merah, tomat dan sayuran pecay ini.

Menurut Jajang, dua pekan terakhir, harga jual cabe dipasaran naik sekitar Rp1.000 per kilogram. "Sebelumnya, cabe itu dijual dengan harga Rp4.000. Sekarang harganya mulai naik Rp5.000 per kiloramnya," katanya saat ditemui di lading kebun Cabenya, di Lembang, kemarin (12/7).

BANDUNG - Bayangan harga cabe melonjak menembus Rp40 ribu per kilogram, seperti Ramadhan tahun lalu, sudah membuat warga cemas. Memang, untuk saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close