Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiai Hasbi: Indonesia Lahir Karena Peran Ulama Terdahulu

Senin, 25 Oktober 2021 – 22:08 WIB
Kiai Hasbi: Indonesia Lahir Karena Peran Ulama Terdahulu - JPNN.COM
Pengurus DPW PKB DKI Jakarta berziarah ke makam para ulama sebagai peringatan Hari Santri 2021. Foto: PKB

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus DPW PKB DKI Jakarta melakukan perayaan Hari Santri 2021 dengan cara berbeda. Mereka merayakan dengan melakukan ziarah ke sejumlah makam ulama yang ada di Jakarta.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta Kiai Hasbiallah Ilyas mengatakan bahwa kegiatan itu untuk mengenang dan menghormati para ulama terdahulu.

“Adanya Indonesia tentu karena peranan para ulama terdahulu. Momentum Hari Santri adalah momentum mengingat perjuangan beliau-beliau,” ujar Kiai Hasbi dalam siaran persnya, Senin (25/10).

Kiai Hasbi yang juga Ketua Fraksi PKB di DPRD DKI Jakarta lantas mengingatkan perjalanan sejarah dirayakannya Hari Santri.

“Adanya hari santri tidak lepas dari peran Panglima Santri Gus Muhaimin Iskandar yang terus ingatkan ada peran Hasyim Asy’ari dengan resolusi jihad, santri lawan penjajah,” ungkap Hasbi.

Menurut Hasbi, fatwa resolusi jihad yang dicetuskan pendiri NU waktu itu mampu menggerakan ribuan santri berjihad melawan penjajah.

“Alhamdulillah kami punya Gus Muhaimin yang menjadi corong perjuangan kaum santri. Kami dibela karena jauh sebelumnya sejarah tidak pernah menuliskan perjuangan kiai-kiai NU,” ujar dia
tandasnya.

Selain pengurus DPW PKB DKI Jakarta, kegiatan ziarah ini juga dihadiri Ketua DPC PKB Jakarta Utara H Nurhasan, Ketua DPC PKB Jakarta Timur M Fuadi Lutfi.

Kiai Hasbi mengatakan bahwa adanya Indonesia karena peranan para ulama terdahulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close