Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiai Maman: Eco Pesantren Cara Efektif Mencegah Bencana Iklim

Sabtu, 01 Juni 2024 – 08:02 WIB
Kiai Maman: Eco Pesantren Cara Efektif Mencegah Bencana Iklim - JPNN.COM
Anggota Komisi VIII DPR RI Kiai Maman Imanulhaq menilai Eco Pesantren bisa jadi efektif mencegah bencana iklim. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah stakeholder dari lintas instansi dan komunitas eco pesantren mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Green Hajj dan Eco Pesantren di Indonesia di Jakarta, Jumat (31/5).

FGD tersebut diinisiasi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq.

Kegiatan itu dihadiri Anggota BPKH Harry Alexander, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial, Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB Dra Eni Supartini, Deputi Direktur DEKS BI Anna Setiawati, dan sejumlah akademisi.

Diskusi bertema "Green Hajj untuk mendukung Peningkatan Kualitas Layanan dan Pengelolaan Haji yang Berkelanjutan” itu juga diikuti berbagai representasi komunitas eco pesantren dari berbagai wilayah Indonesia.

Kiai Maman mengatakan FGD itu penting diselenggarakan sebagai platform penyatuan pemikiran untuk membangun mitigasi terhadap bencana pemanasan global.

Menurutnya, komunitas pesantren perlu dilibatkan lebih jauh untuk mencegah dampak pemanasan global, karena punya sumber daya yang besar untuk diberdayakan dalam upaya mencegah bencana iklim yang belakangan mulai melanda.

"Indonesia memiliki 26.975 pesantren. Apabila dibangun strategi kolaborasi antar-pesantren dengan pemangku kepentingan lainnya untuk menangkal perubahan iklim, maka akan menjadi aksi yang sangat signifikan," ucap Kiai Maman melalui siaran pers.

Terlebih lagi, saat ini sudah ada beberapa pesantren yang telah fokus pada pelestarian lingkungan. Kiai Maman menyebut yang dibutuhkan adalah rencana aksi untuk kolaborasi agar berkelanjutan dan terjadi akselerasi melalui Aliansi Eco-Pesantren.

Anggota Komisi VIII DPR RI Kiai Maman Imanulhaq menilai Eco Pesantren bisa jadi efektif mencegah bencana iklim. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close