Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kian Waspada, Insan Bank BJB Dibekali Pengetahuan soal Virus Corona

Rabu, 26 Februari 2020 – 22:33 WIB
Kian Waspada, Insan Bank BJB Dibekali Pengetahuan soal Virus Corona - JPNN.COM
Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Bandung Girindra Wardhana menjelaskan soal virus corona kepada para pegawai Bank BJB di Bandung, Selasa (25/2). Foto: Bank BJB

jpnn.com, BANDUNG - Wabah virus corona (COVID-19) yang kini melanda banyak negara membuat Bank BJB meningkatkan kewaspadaannya. Bank yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat itu pun membekali para pegawainya dengan pengetahuan tentang virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Untuk itu, Divisi Human Capital Bank BJB menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bandung guna mengedukasi para pegawai bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten tersebut agar siap siaga menghadapi virus corona. Kegiatan itu diselenggarakan di Aula lantai 9 Menara Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/2).

Dalam forum ini, seluruh insan Bank BJB dibekali pengetahuan tentang berbagai hal terkait COVID-19. Antara lain tentang sejarah kemunculannya, seluk beluk dan keluarga besar virusnya, penyebaran, gejala, deteksi hingga cara meresponsnya.

"Selaras dengan prinsip kehati-hatian yang selalu kami terapkan dalam praktik usaha, perseroan turut mengaplikasikannya dalam bentuk pembekalan pengetahuan guna mengantisipasi berbagai hal yang dapat mengintervensi dinamika usaha. Diharapkan dengan pembekalan yang diberikan para insan perseroan dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghindari kepanikan yang tak perlu sehingga kondusivitas dapat senantiasa terjaga," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Bandung Girindra Wardhana yang menjadi pemateri menjelaskan, COVID-19 berasal dari famili coronavirus yang sebelumnya juga pernah mewabah. Setidaknya ada dua jenis coronavirus penyebab penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Covid-19 adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Menurut Girindra, virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia).

“Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan namun belum terbukti menginfeksi manusia. COVID-19 memiliki kesamaan materi genetik tertinggi sebesar 96 persen dengan virus corona non-SARS yang ada di kelelawar (Bat CoV RaTG13)," kata Girindra.

Perkembangan virus itu dimulai pada 30 Desember 2019. Saat itu Wuhan Municipal Health Committee mengeluarkan ‘pemberitahuan segera tentang pengobatan pneumonia yang penyebabnya tidak diketahui".

Bank BJB menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bandung guna membekali para pegawainya akan pengetahuan dan kesiapsiagaan menghadapi virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close