Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiat Aman Berkendara Motor di Tengah Guyuran Hujan

Kamis, 12 September 2024 – 14:38 WIB
Kiat Aman Berkendara Motor di Tengah Guyuran Hujan - JPNN.COM
Kiat Aman Berkendara Motor di Tengah Guyuran Hujan. Foto: dok. Nolan

jpnn.com, JAKARTA - Berkendara sepeda motor di musim hujan menjadi tantangan tersendiri. Kondisi jalan licin, jarak pandang terbatas, dan risiko kecelakaan yang meningkat membuat pengendara harus ekstra hati-hati.

Menurut data dari BMKG, curah hujan di Indonesia pada musim ini diperkirakan berada pada kategori rendah hingga menengah. Namun, pengendara motor tetap diimbau untuk selalu waspada dan menjaga keselamatan selama berkendara di musim hujan.

Nolan Indonesia, produsen helm berkualitas internasional, membagikan beberapa tip untuk membantu pengendara tetap aman dan nyaman saat berkendara di tengah hujan.

"Berkendara di musim hujan memerlukan perhatian khusus, mulai dari kondisi kendaraan hingga perlengkapan berkendara. Helm yang tepat sangat penting untuk melindungi kepala dan meningkatkan visibilitas,” ujar perwakilan Nolan Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Sebelum berkendara, penting untuk memeriksa kondisi motor, terutama ban, rem, dan lampu. Ban yang aus dan rem yang tidak optimal dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan basah.

Pastikan tekanan ban sesuai dan rem dalam kondisi baik, karena jarak pengereman akan lebih panjang saat jalan licin. Selain itu, penggunaan lampu utama juga disarankan, bahkan pada siang hari, untuk meningkatkan visibilitas pengendara lain.

Pemilihan perlengkapan berkendara yang tepat juga penting dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan saat hujan, salah satunya helm. Tidak hanya melindungi, helm juga memberikan kenyamanan dan visibilitas yang lebih baik saat berkendara di kondisi cuaca buruk.

Selain helm, penggunaan sepatu anti air dan sarung tangan berbahan tahan air juga disarankan. Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengendara saat harus melewati genangan air atau jalan yang licin.

Nolan membagikan beberapa kiat untuk membantu pengendara sepeda motor tetap aman dan nyaman saat berkendara di tengah hujan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA