Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kilang TPPI Terus Optimalkan Performa dengan Tingkatkan Kapasitas

Selasa, 18 April 2023 – 11:54 WIB
Kilang TPPI Terus Optimalkan Performa dengan Tingkatkan Kapasitas - JPNN.COM
Kilang PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang beroperasi di wilayah Tuban, Jawa Timur baru saja selesai menjalani proses peremajaan peralatan dan berhasil meningkatkan kinerja platformer kilang sehingga kapasitasnya saat ini menjadi 50 KPBD . Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, TUBAN - Kilang PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang beroperasi di wilayah Tuban, Jawa Timur baru saja selesai menjalani proses peremajaan peralatan (pitstop) dan berhasil meningkatkan kinerja platformer kilang sehingga kapasitasnya saat ini menjadi 50 KPBD (ribu barel per hari) dari yang sebelummya 37 KPBD.

Peningkatan kapasitas tersebut melebihi dari yang ditargetkan dalam rencana kerja perusahaan, yaitu 45 KPBD.

Selain peningkatan kapasitas, Kilang TPPI ini juga berhasil meningkatkan kemampuan pengolahan feedstock ke feedstock yang lebih sour, yaitu dapat mengolah naphtha dengan maksimum 320 ppm meningkat dari sebelum pitstop maksimum 100 ppm.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Hermansyah Y Nasroen menyampaikan Kilang TPPI merupakan kilang petrokimia yang saat ini dapat beroperasi secara dual mode, yaitu Gasoline dan Petrochemical.

“Profil produksi tergantung dari hasil optimasi hilir di Pertamina Group, dan untuk masing-masing single mode mempunyai kemampuan maksimum produksi 1.680 barrel per bulan untuk Gasoline dan 600 KTPA (ribu ton per tahun) untuk Petrochemical," kata Hermansyah.

Menurutnya, dengan kemampuan pengolahan feedstock yang lebih sour juga akan memberikan keleluasan dalam penggunaan bahan baku yang lebih ekonomis dan mendapatkan biaya pokok produksi yang lebih kompetitif.

Produk utama yang dihasilkan di Kilang TPPI berupa produk aromatik, antara lain Paraxylene, Benzene, Orthoxylene, Heavy Aromatic dan Toluene.

Selain itu, Kilang TPPI juga menghasilkan produk lain, seperti Light Naphtha dan BBM seperti Pertalite.

Kilang TPPI yang beroperasi di wilayah Tuban, Jawa Timur berhasil meningkatkan kinerja platformer kilang sehingga kapasitasnya saat ini menjadi 50 KPBD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close