Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kim Kyong Hui Dianggap Layak Gantikan Kim Jong-un, Siapa Dia?

Minggu, 26 April 2020 – 14:28 WIB
Kim Kyong Hui Dianggap Layak Gantikan Kim Jong-un, Siapa Dia? - JPNN.COM
Pemimpin Korut Kim Jong Un terlihat pada foto tanpa tanggal yang disiarkan Agensi Berita Sentral Korea (KCNA) pada Senin (9/3/2020). Foto: ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/wsj/djo

jpnn.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, beberapa waktu lalu dikabarkan kritis setelah menjalani operasi jantung.

Bahkan ada yang mengabarkan bahwa tokoh kelahiran 8 Januari 1984 itu sudah meninggal dunia.

Jika Kim Jong Un benar telah meninggal, siapa calon penggantinya?

Pengamat internasional dan guru besar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, apabila Korea Utara dipimpin kalangan senior selepas Kim Jon Un meninggal dunia, hubungan Korea Utara dengan Korea Selatan maupun Amerika Serikat dapat berpengaruh ke arah yang negatif.

"Saat ini banyak spekulasi yang beredar siapa yang menjadi pengganti Kim Jong Un. Kalau penggantinya lebih senior dari Kim Jong Un maka garis kebijakannya tentu berbeda dengan Kim Jong Un dan mempengaruhi hubungan Korea Utara dengan Korea Selatan ke arah negatif," ujar Hikmahanto Juwana kepada ANTARA di Jakarta, Minggu (26/4).

Ia mencontohkan calon yang pantas menggantikan posisi Kim Jong Un dari kalangan senior itu yaitu bibi dari Kim Jong Un, Kim Kyong Hui.

Kim Kyong Hui pernah menjadi figur yang kuat pada masa kepemimpinan saat kakaknya Kim Jong Il menjadi pemimpin Korea Utara.

"Bibinya itu mengalami masa-masa ayahnya Kim Jong Un yaitu Kim Jong Il berkuasa. Apabila Kim Kyong Hui menggantikan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara, maka garis kebijakan pemerintahannya yang seperti di masa Kim Jong Il akan diterapkan kembali," kata Hikmahanto.

Beredar kabar pemimpin Korea Utara atau Korut Kim Jong-un sudah meninggal dunia, Kim Kyong Hui dianggap layak sebagai pengganti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close