Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kinerja Anies Dinilai Tak Sebaik Ridwan Kamil dan Ganjar

Kamis, 23 Juli 2020 – 10:37 WIB
Kinerja Anies Dinilai Tak Sebaik Ridwan Kamil dan Ganjar - JPNN.COM
Anies Baswedan menjamu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Balai Kota DKI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Charta Politika menyebutkan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai belum sebaik Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo dalam menangani pandemi Covid-19.

Lewat survei bertajuk 'Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi dan Hukum Pada Masa Pandemi Covid-19' yang dirilis pada Rabu (22/7), hanya 11,8 persen responden yang menilai Anies berkinerja terbaik.

"Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan adalah kepala daerah tertinggi yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19 pada level top of mind," ucap Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya saat merilis survei lembaganya.

Saat ditanyakan kepala daerah (Gubernur atau Bupati/Wali Kota) yang memiliki kinerja terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan persentase 15,6% dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di peringkat kedua punya kinerja terbaik (13,4%). 

Survei Charta Politika dilakukan periode 6-12 Juli 2020. Surveinya melalui wawancara lewat telepon menggunakan metode simple random sampling.

Jumlah responden 2000 orang se-Indonesia, dengan Margin of Error 2.19% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Yunarto, surveinya itu juga menemukan bahwa masyarakat cukup mengapresiasi keterbukaan pemerintah terkait Covid-19 (65,3%), akan tetapi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap data yang dirilis oleh pemerintah berada di bawahnya (56,1%).

"Responden cukup optimistis pandemi Covid-19 akan berakhir kurang dari satu tahun. Hal ini mengindikasikan harapan masyarakat cukup tinggi terhadap kinerja pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten kota," tambahnya.(fat/jpnn)

Survei Charta Politika menyatakan kinerja Gubernur Anies Baswedan lebih rendah dibanding dua gubernur lain, yakni Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close