Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kisah Habib Idrus bin Salim Al-Jufri, Nasionalisme dan Tak Goyah pada Materi

Sabtu, 09 April 2022 – 00:52 WIB
Kisah Habib Idrus bin Salim Al-Jufri, Nasionalisme dan Tak Goyah pada Materi - JPNN.COM
Cendikiawan Muslim KH. Ahmad Baso dalam acara Program Inspirasi Ramadan BKN PDI Perjuangan bersama host Mirza Ahmad, Jumat (8/4) dini hari. Foto: BKN PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Cendikiawan Muslim KH. Ahmad Baso menceritakan perjuangan Habib Idrus bin Salim Al-Jufri dalam menjaga prinsipnua. Dia juga menilai Habib Idrus memiliki keteguhan hati tak tergoyahkan meski ditawari bergepok-gepok uang dan rayuan jabatan.

Ahmad Baso menceritakan Habib Idrus merupakan Mufti dan Qadhi di Tarim, Hadramaut, Yaman. Namun, di usia 25 tahun, Habib Idrus melepaskan gelar itu karena merasa tak cocok.

Usut punya usut, kerelaan melepas jabatan itu berasal sikap politiknya yang menentang penjajahan Inggris di Negeri Teluk Aden.

Usai drama itu, Sang Sayid memilih mengembara ke timur. Dia bertolak ke Indonesia yang terletak 8 ribu kilometer jauhnya dari kampung halaman.

Habib Idrus berbekal wasiat dari gurunya, yakni jika dalam perantauan menemukan aroma yang sama dengan tanah bekal, maka itulah tanah yang penuh dengan berkah.

“Kalau ada tanah sama rasa dan harumnya tanah ini dengan tempatmu nanti, itu tempat ideal. Itu nanti berkah tempat itu. Hal ini sudah lazim dalam tradisi tarekat dan ternyata yg didatangi itu adalah negeri kita, dan Sayid Idrus itu menemukannya di Kota Palu, Sulawesi Tengah," ungkap Ahmad Baso saat mengisi Program Inspirasi Ramadan BKN PDI Perjuangan bersama host Mirza Ahmad, Jumat (8/4) dini hari.

Palu bukan kota pertama. Habib Idrus pernah singgah di Pekalongan, Solo, Jombang, Maluku, Morotai, Bacan, Kalimantan, dan Papua.

Tepat pada 1930, Habib Idrus berusaha mendirikan Madrasah Al-Khairaat.

Perjuangan Habib Idrus bin Salim Al-Jufri dalam mempertahankan prinsipnya sangat kuat. Habib Idrus dianggap punya sejarah dengan Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close