Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kita Sudah Hadapi SARS, MERS, COVID-19, Pandemi Apa yang Akan Muncul Selanjutnya?

Senin, 21 Juni 2021 – 14:52 WIB
Kita Sudah Hadapi SARS, MERS, COVID-19, Pandemi Apa yang Akan Muncul Selanjutnya? - JPNN.COM
Para pemimpin dunia mengatakan COVID-19 adalah kejadian 'sekali dalam 100 tahun' namun pakar kesehatan mengatakan wabah penyakit karena perpindahan virus dari hewan ke manusia semakin 'sering terjadi'. (Reuters: Athit Perawongmetha)

Di saat kita sudah tak sabar ingin pandemi virus corona berakhir, para pakar kesehatan mengatakan akan lebih banyak lagi pandemi terjadi di masa depan.

Dalam 20 tahun terakhir saja, kita sudah mengalami lima pandemi besar yaitu SARS, MERS. Ebola, flu burung, dan flu babi.

Meski penyakit-penyakit tersebut sudah memberikan kita ilmu, tapi tetap saja dunia tidak bersiap diri saat pandemi COVID-19.

Penyebarannya yang cepat menunjukkan betapa bahayanya dunia yang semakin global ini saat terjadi pandemi.

Kenapa penyakit lebih mudah menular?

Menurut Victoria Brookes, dosen senior masalah kesehatan penduduk di Charles Sturt University, di masa lalu satu penyakit muncul di salah satu bagian dunia, namun kemudian selesai sebelum menyebar ke negara lain.

"Sekarang adanya perdagangan global dan perjalanan global membuat penyakit bisa membuat manusia membawanya menyebar dengan cepat," katanya.

Globalisasi juga  menyebabkan perubahan besar terkait kondisi penyakit menular, khususnya penyakit yang berasal dari kehidupan alam liar.

Dengan peningkatan jumlah penduduk, kota semakin diperluas ke kawasan alam liat, sehingga menggangu pola kehidupan dan membuat binatang tertekan.

Saat ini diperkirakan ada lebih dari 250 virus yang menyebar dari hewan dan manusia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close