Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KKB Serang Pos TNI dan Brimob di Intan Jaya, Dalangnya Undius Kogoya

Minggu, 21 Januari 2024 – 21:51 WIB
KKB Serang Pos TNI dan Brimob di Intan Jaya, Dalangnya Undius Kogoya - JPNN.COM
Kelompok kriminal bersenjata atau KKB pimpinan Undius Kogoya yang beroperasi di wilayah Papua Tengah. Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Satgas Damai Cartenz berhasil mengidentifikasi pelaku penyerangan atas Pos Brimob di Kampung Bilogai, Intan Jaya, Papua Tengah, pada Jumat lalu (19/1/2024). 

Ketua Satgas Humas Damai Cartens AKBP Bayu Suseno mengungkapkan serangan yang menyebabkan korban jiwa itu dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata atau KKB pimpinan Undius Kogoya.

"Undius Kogoya yang bertangung jawab atas tewasnya Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy," ujar AKBP Bayu, Minggu (21/1/2024).

Perwira menengah Polri itu menambahkan KKB Undius tidak hanya menyerang Pos Brimob di Kampung Bilogai, tetapi juga menyerbu pos milik TNI di Kampung Mamba, Intan Jaya.

"Rekan-rekan dari Satgas Yonif 330/Tri Dharma berhasil memukul mundur kelompok Undius Kogoya," tutur Bayu.

Merujuk hasil investigasi Satgas Damai Cartenz, AKBP Bayu mengungkapkan serangan itu dipimpin oleh Apen Kobogau 

"Dia (Apen, red) adalah wakil pimpinan KKB Pangkodap VIII di bawah Undius Kogoya," imbuhnya.

Jauh-jauh hari sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyampaikan rencananya memperbanyak serangan terhadap fasilitas TNI dan Polri pada tahun ini.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangan tertulisnya menyatakan serangan tertulis itu sebagai bentuk komitmen kelompoknya memerdekakan Papua.

"Aksi penyerangan ini sebagai bentuk perlawanan untuk merebut kemerdekaan Papua dari kolonial Indonesia," ujar salah satu pentolan KKB itu.(mcr30/jpnn.com) 


Satgas Damai Cartenz berhasil mengidentifikasi kelompok kriminal brsenjata (KKB) yang menyerang Pos Brimob di Kampung Bilogai, Intan Jaya, Papua Tengah.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close