Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Klaim Ukraina Terdesak, Zelenskyy Ngotot Minta Bantuan Segera

Senin, 30 Januari 2023 – 19:23 WIB
Klaim Ukraina Terdesak, Zelenskyy Ngotot Minta Bantuan Segera - JPNN.COM
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara melalui telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Kiev, Ukraina, dalam gambar selebaran yang dirilis pada (29/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/HO-Ukrainian Presidential Press Service/aa

jpnn.com, KIEV - Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan Ukraina menghadapi situasi sulit di Donetsk dan membutuhkan pasokan senjata yang lebih cepat dan persenjataan jenis baru, hanya beberapa hari setelah sekutu setuju untuk menyediakan tank tempur berat bagi Kyiv.

"Situasinya sangat sulit. Bakhmut, Vuhledar dan sektor lain di wilayah Donetsk ada serangan Rusia terus-menerus," kata Zelenskyy dalam pidato video Minggu malam.

"Rusia ingin perang berlarut-larut dan menghabiskan pasukan kita. Jadi kita harus menyediakan waktu untuk senjata kita. Kita harus mempercepat peristiwa, mempercepat pasokan, dan membuka opsi senjata baru untuk Ukraina."

Tiga orang tewas dan enam lainnya luka-luka pada hari Minggu oleh serangan Rusia di Kherson yang merusak sebuah rumah sakit dan sekolah, kata pemerintah daerah.

Pasukan Rusia telah menduduki Kherson tak lama setelah invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022, dan menguasai kota itu sampai pasukan Ukraina merebutnya kembali pada November. Sejak pembebasannya, kota ini sering dikupas dari posisi Rusia di seberang sungai Dnipro.

Kemudian pada hari Minggu sebuah rudal menghantam sebuah gedung apartemen di timur laut kota Kharkiv, menewaskan seorang wanita tua, kata Gubernur daerah Oleh Synehubov.

Rusia pada hari Sabtu menuduh militer Ukraina sengaja menyerang sebuah rumah sakit di wilayah yang dikuasai Rusia di timur Ukraina, menewaskan 14 orang. Tidak ada tanggapan atas tuduhan dari Ukraina.

Staf Umum Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa pembela Ukraina telah memukul mundur serangan Rusia di Bakhmut, fokus serangan Moskow di wilayah Donetsk timur, dan di beberapa kota lain di wilayah Donetsk dan Luhansk.

Presiden Volodymyr Zelenskyy makin ngotot mendesak negara donatur mengirim bantuan ke Ukraina secepat-cepatnya

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close