Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Selamatkan Penyu Terdampar di Kotok Besar, Lihat Fotonya

Selasa, 17 Maret 2020 – 22:44 WIB
KLHK Selamatkan Penyu Terdampar di Kotok Besar, Lihat Fotonya - JPNN.COM
Penyu yang diselamatkan oleh KLHK di Pulau Kotok Besar. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, KEPULAUAN SERIBU - Petugas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dari Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Balai TN Kepulauan Seribu Wilayah III Pulau Pramuka, menyelamatkan penyu sisik di Pulau Kotok Besar, Sabtu (14/3) lalu.

Kepala Balai TN Kepulauan Seribu, Badi’ah mengatakan, penyelamatan ini dilakukan setelah mereka mendapat laporan dari Mirjan, yang merupakan salah satu staf Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

"Penyu sisik berukuran 35 cm x 40 cm saat ditemukan dalam kondisi lemas, ketika dimasukkan ke dalam air kepalanya tidak mau naik,” kata Badi’ah dalam keterangannya, Selasa (17/3)

Upaya pertama penyelamatan penyu malang tersebut adalah dengan membawanya ke mess JAAN di Pulau Kotok Besar bagian timur untuk mendapatkan perawatan sementara, seperti membersihkan bagian cangkang, kaki dan sirip. Kemudian petugas mengolesi bekas luka dengan alkohol.

Badi’ah menerangkan setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara Penyerahan Satwa Dilindungi, penyu tersebut kemudian dibawa ke Pulau Pramuka. Saat ini penyu tersebut dirawat di Sanctuary Penyu di Pulau Pramuka dalam kandang khusus yang terpisah dengan penyu lainnya, serta mendapatkan perawatan secara intensif.

"Diharapkan setelah menjalani rangkaian proses rehabilitasi selama beberapa waktu, satwa itu siap kembali dilepasliarkan ke habitat aslinya,” tandas Badi’ah. (cuy/jpnn)

Penyelamatan penyu ini dilakukan setelah petugas KLHK dari SPTN Balai TN Kepulauan Seribu mendapat laporan dari Mirjan.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close