Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Klub Masuk Kategori Profesional jika Lolos 5 Aspek Ini

Minggu, 29 Januari 2017 – 14:07 WIB
Klub Masuk Kategori Profesional jika Lolos 5 Aspek Ini - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Verifikasi klub untuk mendapatkan lisensi atau pengakuan tentang status profesional dilihat dari lima aspek.

Berikut penjelasan mengenai aspek-aspek yang menurut Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono bakal segera disiapkan standarisasinya.

1. Legal

Dalam aspek ini, yang dilihat adalah status klub. Klub wajib memiliki akta pendirian dan struktur akta kepemilikan secara hukum. Biasanya berbentuk PT, bukan lagi yayasan seperti klub-klub perserikatan.

2. Finansial

Setiap klub diharuskan memiliki laporan keuangan, keluar-masuknya uang selama setahun terakhir dan diaudit oleh auditor independen yang terpercaya.

Bukan sekadar laporan ringan terkait pendapatan dan pengeluaran klub, tapi terperinci termasuk dalam proyeksi keuangan mereka untuk setahun ke depan sehingga kemungkinan terjadi bangkrut atau klub kehabisan uang di tengah jalan, bisa diantisipasi.

Satu hal yang penting untuk bisa membuat klub berkompetisi adalah setiap klub tidak boleh mempunyai tunggakan gaji atau bayaran terhadap pelatih, pemain, staf, tim dokter, fisioterapis, dan karyawan hingga berakhirnya musim kompetisi.

Verifikasi klub untuk mendapatkan lisensi atau pengakuan tentang status profesional dilihat dari lima aspek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close