Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koil Menyemangati Persib Lewat Lagu Hanya Untuk Menang

Kamis, 22 Agustus 2024 – 07:17 WIB
Koil Menyemangati Persib Lewat Lagu Hanya Untuk Menang - JPNN.COM
Koil, band industrial rock/metal asal Bandung. Foto: Dok. Koilkiller Management/Al Azthra

jpnn.com, JAKARTA - Band industrial rock/metal asal Bandung, Koil baru saja merilis lagu yang berjudul Hanya Untuk Menang.

Peluncuran lagu itu merupakan persembahan spesial atau anthem dari grup beranggotakan Otong (vokal), Donnyantoro (gitar), Vladvamp (bass, synthesizer), dan Leon Legoh (drum) itu untuk klub sepak bola, Persib Bandung.

Seperti karya-karya Koil sejak Megaloblast (2001) dan Blacklight Shines On (2007), lagu Hanya Untuk Menang juga punya ciri khas yang kuat.

Lagu ciptaan Donnyantoro tersebut masih menonjolkan riff eksotis namun tetap terdengar autentik, serta anthemic.

“Sejak dahulu saya pengin sekali bikin lagu yang mudah dinyanyikan oleh banyak orang, meskipun saya pernah melakukannya untuk lagu Aku Rindu dari album Blacklight, namun kali ini pengin dengan kadar dan level yang sedikit berbeda, lebih tepatnya seperti chant fan bola ketika tengah menyaksikan langsung tim kesayangan berlaga di dalam stadion," ungkap Donny Koil, Rabu (21/8).

Menurut Donny, dirinya memiliki hubungan emosional dengan Persib yang secara otomatis membawa rasa sentimental yang menggelora ketika menciptakan lagu Hanya Untuk Menang.

Salah satu ingatan yang sangat membekas yakni pengalaman langsung menyaksikan Persib berlaga di dalam stadion bersama dengan ribuan Bobotoh.

"Kira-kira sekitar 1987. Saya dan Otong diajak oleh Almarhum Ayah. Di hari itu, Persib melakoni laga persahabatan melawan PSV Eindhoven (Belanda) di Stadion Siliwangi. Belakangan, saya menonton lagi ke stadion dengan anak, yang secara tidak langsung mendorong terulang memori dan ingatan masa lalu," bebernya.

Band industrial rock/metal asal Bandung, Koil, baru saja merilis lagu yang berjudul Hanya Untuk Menang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA