Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kolaborasi PB PODSI dan Kemenpora Dorong Dragon Boat Tampil di Olimpiade 2028 Los Angeles

Minggu, 20 Oktober 2024 – 11:17 WIB
Kolaborasi PB PODSI dan Kemenpora Dorong Dragon Boat Tampil di Olimpiade 2028 Los Angeles - JPNN.COM
Tim putra dayung Indonesia. Foto: Ist.for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) patut mendapat acungan jempol.

Pasalnya, PB PODSI cukup jeli melihat peluang dengan memanfaatkan dukungan dana dari Kemenpora untuk bisa menembus Olimpiade 2028 Los Angeles.

Tidak tanggung-tanggung, PB PODSI sudah mempersiapkan dua Timnas Dayung Indonesia yang bakal diterjunkan pada Kejuaraan Dragon Boat Piala Dunia 2024 Seri Kedua yang akan berlangsung di Zigui Yichang Hubei, China, 23-27 Oktober 2024 dan Kejuaraan Dunia Dragon Boat ICF yang bertajuk The 2024 ICF Dragon Boat World Championships 2024 di The Puerto Princesa Baywalk Pelalawan, Philipina, 30 Oktober hingga 3 November 2024.

“Keikutsertaan Indonesia dalam dua event bergengsi ini bukan hanya sekadar mengejar prestasi. Lebih dari itu, Indonesia ingin mendorong Dragon Boat menjadi cabang olahraga resmi Olimpiade 2028 Los Angeles. Peluang itu sangat terbuka apalagi Dragon Boat sudah tampil pada pertandingan eksbisi di Olimpiade 2020 Tokyo dan Olimpiade 2024 Paris,” kata Sekjen PB PODSI Edy Suyono di Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

“Makanya, PB PODSI mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora yang telah menempatkan cabor olahraga dayung masuk dalam daftar Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memberikan dukungan dana dalam setiap keikutsertaan Tim Dayung Indonesia pada event internasional,” tambahnya.

Dukungan Kemenpora jelas tidak sia-sia karena jika Dragon Boat resmi diperlombakan pada Olimpiade 2028 Los Angeles maka peluang Indonesia untuk meraih medali cukup besar untuk mendamping cabang olahraga bulutangkis dan angkat besi yang menjadi andalan pada pesta olahraga dunia empat tahunan tersebut.

Dari data terakhir yang dihimpun, Timnas Dragon Boat Indonesia sudah mencatat prestasi yang membanggakan. Pada Asian Games 2022 Hangzhou, Timnas Dragon Boat Putra Indonesia mampu meraih medali emas dan Timnas Dragon Boat Putri Indonesia merebut medali perak.

Lalu, Indonesia mampu merebut gelar juara umum dengan mengoleksi 11 medali emas, 1 perunggu pada 14th Asian Dragon Boat Championship 2022 Thailand.

Kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) dan Kemenpora RI patut mendapat acungan jempol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA