Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kolera Mengganas, 3.000 Lebih Meninggal

Sabtu, 31 Januari 2009 – 07:36 WIB
Kolera Mengganas, 3.000 Lebih Meninggal - JPNN.COM
Foto : REUTERS
JENEWA - Wabah kolera yang melanda Zimbabwe semakin ganas. Sejak merebak Agustus 2008, sedikitnya 60.000 warga dinyatakan positif terjangkit bakteri mematikan itu. Sementara korban tewas tercatat sekitar 3.161 jiwa. Guna mencegah kejadian lebih buruk, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak masyarakat global segera beraksi.

Sejumlah pakar kesehatan yakin jumlah kasus di lapangan lebih besar daripada data yang terekam WHO tersebut. Sebab, tidak semua warga yang mengidap kolera bisa dibawa ke rumah sakit untuk berobat. Sebagian besar justru tetap berada di rumah dan pasrah hingga menjemput. ''Wabah ini masih sangat sulit dikendalikan,'' ujar Jubir WHO Elisabeth Byrs dalam wawancara dengan Associated Press kemarin (30/1).

Inflasi supertinggi yang mengimpit negara di Benua Hitam tersebut menjadikan kesehatan sebagai barang mahal yang sulit dijangkau. Semua itu diperparah oleh fasilitas kesehatan dan sarana sanitasi yang tidak memadai. ''Wabah mematikan ini masih akan terus memakan korban kecuali konflik politik dalam negeri diselesaikan,'' tandas Asisten Dirjen WHO Eric Laroche seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (30/1).

Ada dua hal penting lain yang juga harus segera diatasi. Yakni, pembayaran gaji para pekerja medis Zimbabwe dan diperbaikinya sarana prasarana serta sistem kesehatan negara miskin tersebut. Karena itu, Zimbabwe membutuhkan uluran tangan masyarakat internasional. Bukan hanya bantuan uang dan barang, tapi juga tenaga kesehatan, mengingat minimnya paramedis di sana.

JENEWA - Wabah kolera yang melanda Zimbabwe semakin ganas. Sejak merebak Agustus 2008, sedikitnya 60.000 warga dinyatakan positif terjangkit bakteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close