Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi I: Facebook Lakukan Pembiaran

Selasa, 17 April 2018 – 19:45 WIB
Komisi I: Facebook Lakukan Pembiaran - JPNN.COM
Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira di sela-sela rapat kerja dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/8/2017). Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira menilai Facebook terlalu menggampangkan persoalan terkait kebocoran jutaan data pengguna yang berimbas kepada pengguna di Indonesia.

Menurut Andreas, Facebook telah melakukan pembiaran data pelanggannya dibagikan oleh pihak ketiga dalam hal ini Aleksandr Kogan, kepada Cambridge Analytica.

Hal itu dikatakan Andreas setelah mendengar penjelasan dari Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia Ruben Hattari dan Vice President of Public Policy for Asia Pacific Simon Milner dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR, Selasa (17/4).

“Yang terjadi sebenarnya, pembiaran. Facebook membiarkan data yang digunakan atau data yang masuk ke laman Facebook digunakan oleh orang seperti dokter Kogan ini, lalu dijual,” kata Andreas.

Menurut dia, sama sekali tidak ada perlindungan terhadap data pribadi pengguna Facebook. Andreas menegaskan, Facebook tidak bisa melepaskan diri dari tanggung jawab terhadap pengamanan data.

Karena itu, dia berpendapat Facebook telah melakukan pembiaran. “Bukan hanya pelanggaran,” katanya.

Dia juga menyoroti pernyataan Ruben yang menyampaikan seolah-olah tidak pernah terjadi kebocoran data dari sistem Facebook. Bahkan, ini bukan kejadian pihak ketiga menembus sistem Facebook atau berhasil lolos dari perangkat pengamanan data yang dimiliki.

Namun, kejadian ini adalah bentuk pelanggaran kepercayaan dan kegagalan Facebook untuk melindungi data pengguna.

Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira menilai Facebook terlalu menggampangkan persoalan terkait kebocoran jutaan data pengguna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close