Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi III Gelar Uji Kepatutan dan Kelayakan Capim KPK Pengganti Lili Pintauli

Rabu, 28 September 2022 – 15:47 WIB
Komisi III Gelar Uji Kepatutan dan Kelayakan Capim KPK Pengganti Lili Pintauli - JPNN.COM
Komisi III DPR menggelar fit and proper test calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar di ruang Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (28/9). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi III DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar.

Adapun dua calon pimpinan KPK yang diuji oleh komisi yang membidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan itu, ialah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. 

Uji kepatutan dan kelayakan ini merupakan tindak lanjut dari rapat internal Komisi III DPR seusai pimpinan parlemen menerima surat presiden soal pergantian pimpinan KPK.

Dalam surpres itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Nyoman dan Johanis sebagai capim KPK untuk diuji oleh DPR.

"Kami kemarin dalam rapat internal sudah menerima surat dari presiden untuk pergantian Ibu Lili Pintauli. Nah, yang dicalonkan dari presiden ada dua. Pertama, I Nyoman Wara dan kedua, Johanis Tanak," kata Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto yang memimpin uji kepatutan dan kelayakan itu di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9). 

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu mengatakan I Nyoman Wara dan Johanis Tanak sudah pernah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan saat proses pemilihan komisioner KPK di awal periode, namun keduanya tidak terpilih.

"Hari ini kami dijadwalkan fit and proper, tetapi saudara-saudara sekalian, kemarin dalam rapat internal, sesungguhnya Pak Nyoman Wara ini sudah melakukan fit and proper test di Komisi III," lanjutnya.

Atas dasar itu, uji kelayakan hari ini sekadar untuk mengetahui pandangan terbaru kedua capim tersebut.

Komisi III DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan capim KPK pengganti Lili Pintauli. Dua nama yang diusulkan presiden, yakni I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close