Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi VI DPR Dukung BP Batam Membangun Jalan, Bandara dan Pelabuhan

Rabu, 18 Oktober 2023 – 15:31 WIB
Komisi VI DPR Dukung BP Batam Membangun Jalan, Bandara dan Pelabuhan - JPNN.COM
Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto pada acara seminar bertema "Membangun Semangat Ekspor Untuk Peningkatan Ekonomi Nasional" di Batam, Kepulauan Riau, Senin (16/10/2023). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat nilai investasi asing di kawasan BP Batam meningkat sebesar 48,5 persen atau Rp 11,2 triliun dengan jumlah proyek 1.738 sepanjang tahun 2022.

Selain itu, BKPM juga mencatat adanya peningkatan volume perdagangan yang cukup signifikan di mana kegiatan perdagangan (utamanya ekspor) di kawasan BP Batam mengalami surplus hingga 79 persen.

Data tersebut di atas dipaparkan Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto dalam sambutannya di acara seminar bertema "Membangun Semangat Ekspor Untuk Peningkatan Ekonomi Nasional" di Batam, Kepulauan Riau, Senin (16/10/2023).

Menanggapi hal itu, anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto menilai capaian yang ditorehkan BP Batam tersebut mencerminkan bahwa iklim investasi di tanah air masih cukup menggairahkan.

“Pertama, kita sebagai mitra kerja BP Batam tentu saja mengapresiasi capaian yang berhasil dilakukan mereka. Nilai investasi yang meningkat serta perdagangan yang mengalami surplus di tengah badai ketidakpastian ekonomi global pasca pandemi covid-19 bukanlah perkara mudah,” ujar Bendahara Megawati Institute itu saat jadi salah satu Pembicara Seminar.

Darmadi juga mengapresiasi langkah BP Batam yang melakukan pengembangan kawasan secara terintegrasi guna meningkatkan volume ekspor ke depan.

"Apa yang disampaikan Pak Purwiyanto tadi di mana BP Batam tengah membangun sejumlah infrastruktur jalan baik arteri maupun flyover serta melakukan revitalisasi Bandara dan Pelabuhan merupakan aksi konkret dalam menggenjot perekonomian nasional. Infrastruktur yang memadai dan terintegrasi memang jadi kunci keberhasilan perekonomian. Jadi, langkah tersebut saya kira perlu diberikan dukungan yang relevan," ucap Politikus PDIP itu.

Darmadi mengatakan bakal ada banyak efek positif ketika aktivitas perdagangan dan investasi meningkat di kawasan BP Batam nantinya.

Darmadi Durianto mengapresiasi langkah BP Batam yang melakukan pengembangan kawasan secara terintegrasi guna meningkatkan volume ekspor ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close