Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Biden, Ada Usulan Trump Segera Dilengserkan

Jumat, 08 Januari 2021 – 11:17 WIB
Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Biden, Ada Usulan Trump Segera Dilengserkan - JPNN.COM
Para pendukung President Donald Trump berkumpul dan melakukan aksi kerusuhan di gedung parlemen, Washington DC. (Reuters: Leah Millis)

Setelah kerusuhan dengan massa menyerbu masuk ke gedung parlemen Amerika Serikat di Washington DC, Kongres yang bersidang sudah menetapkan dengan resmi jika Joe Biden adalah presiden terpilih Amerika Serikat.

  • Presiden Trump menyampaikan pidato berisi kecaman pada para perusuh
  • Ketua DPR Nancy Pelosi mendukung usaha pelengseran Donald Trump segera
  • Beberapa perusuh yang diketahui identitasnya sudah dipecat oleh tempat mereka bekerja

 

Dalam 24 jam terakhir sejak sekelompok orang masuk ke gedung Capitol tanpa izin untuk pertama kalinya, ratusan orang ditangkap dan empat orang sejauh ini dilaporkan tewas dalam insiden kerusuhan melibatkan pendukung Presiden Donald Trump.

Massa yang masuk sebelumnya mendengarkan pernyataan Presiden Trump yang mengatakan tidak akan mengakui kekalahan dalam pemilu di akun sosial media termasuk Twitter, Facebook dan Instagram.

Twitter sebelumnya mengunci akun Twitter Presiden Trump selama 12 jam, Facebook dan Instagram lebih lama lagi selama dua minggu sampai masa jabatannya berakhir 20 Januari dan mungkin juga akan selamanya.

Setelah kejadian yang disiarkan langsung ke seluruh dunia tersebut, beberapa pembantu dekat Presiden Trump menyampaikan pernyataan jika mereka mengundurkan diri dari jabatan masing-masing.

Penyerahan kekuasaan yang teratur

Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Biden, Ada Usulan Trump Segera Dilengserkan Photo: Kongres AS secara resmi menyatakan Joe Biden terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang akan dilantik 20 Januari 2021. (AP: Andrew Harnik)

 

Sidang Kongres yang merupakan sidang gabungan antara anggota DPR dan Senat Amerika Serikat di Gedung Capitol sempat terhenti selama enam jam ketika massa masuk ke gedung dan bentrok dengan petugas keamaan.

Setelah kerusuhan dengan massa menyerbu masuk ke gedung parlemen Amerika Serikat di Washington DC, Kongres yang bersidang sudah menetapkan dengan resmi jika Joe Biden adalah presiden terpilih Amerika Serikat

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close