Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konsisten, Kemendikbudristek Kembali Gelar Keroncong Svaranusa

Sabtu, 29 Juni 2024 – 06:34 WIB
Konsisten, Kemendikbudristek Kembali Gelar Keroncong Svaranusa - JPNN.COM
Kemendikbudristek malalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk ke-3 kalinya gelar Keroncong Svaranusa 2024. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) malalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk ke-3 kalinya gelar Keroncong Svaranusa 2024.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ahmad Mahendra menuturkan pergelaran itu merupakan upaya mendukung musik keroncong agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Ahmad Mahendra menjelaskan sejatinya musik keroncong merupakan salah satu musik Nusantara yang perlu dijaga kelestariannya.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, terlebih para generasi muda harus mulai lebih dalam mengenal dan memahami musik keroncong. Dengan begitu, akan timbul rasa memiliki dan mencintai untuk terus melestarikan salah satu kekayaan bangsa ini,’’ ucap Mahendra.

Mahendra menambahkan pergelaran tahun ini secara khusus akan dilaksanakan di Kabupaten Banyumas.

Menurutnya, di Kabupaten Banyumas terdapat seniman-seniman musik keroncong yang masih cukup eksis. Bahkan cukup banyak permintaan dari masyarakat untuk dapat menghadirkan kembali musik keroncong di daerahnya.

Ahmad Mahendra menjelaskan geliat musik keroncong mulai dari Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, hingga Cilacap masih sangat hidup.

"Tentu menghadirkan Keroncong Svaranusa dengan tampilan pergelaran berskala nasional akan menjadi suguhan yang menarik sebagai pemantik bagi masyarakat untuk selalu mencintai musik keroncong," ucap Mahendra.

Kemendikbudristek malalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk ke-3 kalinya gelar Keroncong Svaranusa 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close