Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kontingen Indonesia Tampilkan Busana Adat di Pembukaan SEA Games 2023

Jumat, 05 Mei 2023 – 21:11 WIB
Kontingen Indonesia Tampilkan Busana Adat di Pembukaan SEA Games 2023 - JPNN.COM
Raja Sapta Oktohari, Ketua NOC Indonesia saat ditemui jelang opening ceremony. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menegaskan unsur budaya Indonesia sengaja ditampilkan dalam defile kontingen di pembukaan SEA Games 2023, di Morodok Techo National Stadium, Kandal, Kamboja, Jumat (5/5).

Menurutnya, penampilan kontingen yang mengenakan baju adat tersebut untuk menunjukkan ciri khas Indonesia.

Tampak dalam defile, ada yang mengenakan beberapa pakaian daerah, termasuk CdM Lexyndo Hakim. Demikian juga Raja Sapta Oktohari yang tak mengikuti defile, tetapi datang ke venue opening ceremony menggunakan baju adat Bali.

"Indonesia di pembukaan membawa misi budaya, jadi yang tampil menggunakan baju keragaman Indonesia. Saya selaku Ketua NOC juga datang dengan pakai baju adat Bali," tuturnya.

Menurut dia, hal yang harus dibanggakan Indonesia ialah keberagamaan. Selain itu, Indonesia juga menjadi bangsa terbesar di Asean.

"Jadi Ini bentuk keanekaragaman Indonesia, sekaligus menyajikan bentuk budaya kita dan mendorong prestasi olahraga kita," tuturnya.

Raja Sapta Oktohari juga membeberkan alasan dirinya mengenakan pakaian adat Bali. Menurutnya, ada misi khusus agar disorot oleh negara-negara Asean bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games (AWBG) pada Agustus mendatang.

Pembukaan SEA Games 2023 sendiri masih berlangsung saat ini. Sayang, pada awal acara jelang puncak acara opening ceremony, sempat terjadi kontroversi karena bendera Indonesia dipasang terbalik saat dikibarkan di tengah lapangan. (dkk/jpnn)

Unsur budaya Indonesia sengaja ditampilkan dalam defile kontingen di pembukaan SEA Games 2023, di Morodok Techo National Stadium, Kandal, Kamboja, Jumat (5/5).

Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close