Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kontribusi Nyata Penerima Beasiswa LPDP Bangun Masyarakat Desa

Minggu, 31 Maret 2019 – 06:32 WIB
Kontribusi Nyata Penerima Beasiswa LPDP Bangun Masyarakat Desa - JPNN.COM
Toga wisuda. Ilustrasi: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ikut membantu pemerintah membangun desa. Salah satunya yang dilakukan Angkatan Persiapan Keberangkatan (PK) 141.

Angkatan yang terdiri dari 111 orang tersebut membantu pengembangan Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Mereka menggelar program yang diberi nama Cimulang Desa Wisata Sawit.

Bona Sardo Hasoloan, Ketua PK 141 mengatakan mereka menggelar beragam program di Desa Cimulang, antara lain pemberian bantuan sumur bor dan fasilitas air bersih, pembangunan gapura desa, pengembangan kewirausahaan, workshop perikanan dan kultivasi jamur.

Selain itu, mereka juga memberikan pemeriksanaan mata dan gigi secara cuma-cuma kepada para warga dan anak-anak di desa tersebut. PK 141 juga menyajikan penyuluhan parenting (pendidikan keluarga) dan edukasi masyarakat melalui mobil pintar dan mobil sehat.

BACA JUGA: Silakan Cek, Apakah Harga Tiket Pesawat Sudah Patuhi Aturan Baru

“Masyarakat Desa Cimulang mengalami kesulitan akses air bersih, kondisi MCK pun kurang memadai. Padahal mereka memiliki potensi besar menjadi desa wisata sawit karena sebagian wilayah desa adalah perkebunan,” ujarnya usai meresmikan program Cimulang, Desa Wisata Sawit, Sabtu (30/3).

Bona, yang akan melanjutkan studi S3 di Belanda tersebut mengatakan angkatan PK 141 berkomitmen untuk membantu Desa Cimulang.

Sebanyak 101 orang akan menempuh pendidikan di luar negeri, sedangkan 10 orang lain akan menempuh pendidikan di dalam negeri untuk jenjang S2 maupun S3.

“Ini kontribusi konkret kami untuk pembangunan masyarakat desa di Indonesia,” ucapnya.

Para penerima beasiswa LPDP Angkatan 141 berasal dari 22 provinsi, dan terdiri dari beragam profesi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close