Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Korlantas Klaim Angka Kecelakaan Menurun pada Arus Mudik 2016

Rabu, 06 Juli 2016 – 16:02 WIB
Korlantas Klaim Angka Kecelakaan Menurun pada Arus Mudik 2016 - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO: RADAR CIREBON

JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengklaim bahwa angka kecelakaan lalu lintas pada arus mudik 2016‎ turun dari tahun sebelumnya. Menurut penghitungannya, jumlahnya menurun sekitar 25 persen dibanding dengan angka kecelakaan pada arus mudik 2015.

"Kecelakaan yang terjadi pada arus mudik lebaran kali ini berjumlah 856 kecelakaan lalu lintas. Sedangkan, 2015 jumlahnya 1.022," ujar Agung usai rapat koordinasi menghadapi arus balik di markas Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta, Selasa (5/7).

Mantan Kapolda Sulselbar ini mengungkapkan, Kamis (30/6) H-5 hingga H-2 lebaran, sebanyak 172 jiwa meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

"Jumlah kecelakaan lalu lintas didominasi oleh sepeda motor sebesar 53 persen di Indonesia," imbuh Agung.

Oleh karenanya, Agung mengimbau, agar pemudik memilih menggunakan transportasi umum demi keselamatan pribadi maupun keluarga. 

Namun jika pemudik tetap menggunakan sepeda motor, Agung meminta agar pengendara dalam keadaan bugar. Selain itu, pemudik diharapkan mengecek kendaraannya dengan saksama.

"Kami sarankan agar menghindari kecelakaan. Setiap pemudik dapat siapkan kendaraannya dengan baik dan mengisi bahan bakar penuh. Karena siapa tahu macet di tol, jangan sampai seperti yang terjadi kemarin, biar selama perjalanan tetap merasa nyaman," pungkas Agung. (Mg4/jpnn)

loading...