Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Korut Diberitakan Sudah 'Siaga Perang'

Selasa, 25 Mei 2010 – 13:47 WIB
Korut Diberitakan Sudah 'Siaga Perang' - JPNN.COM
PERANG - Ujicoba rudal, salah satu tindakan kontroversial Korut lainnya yang juga menuai kecaman beberapa waktu lalu. Foto: Getty Images.
SEOUL - Pihak Korea Utara (Korut) dilaporkan telah memerintahkan dan mengerahkan kekuatan militernya dalam posisi siaga perang. Hal itu terkait meningkatnya ketegangan dengan negara tetangga Korea Selatan (Korsel), pasca tragedi tenggelamnya kapal perang Cheonan milik Korsel di perairan Semenanjung Korea.

Perintah untuk berada dalam posisi siaga bagi militer Korut itu sendiri, sebagaimana dirilis oleh kantor berita Yonhap milik Korsel dan dikutip Al Jazeera, Selasa (25/5) siang, disebutkan berasal langsung dari pemimpin Korut Kim Jong-il. Berita itu dikatakan pula mengutip informasi dari sejumlah sumber di pemerintahan Korut.

Hanya saja sejauh ini, belum ada kabar atau bukti dari adanya pengerahan kekuatan militer seperti yang disebutkan (kondisi siaga), yang termonitor di media-media asal Korut di kawasan selatan. Sebaliknya juga, belum bisa diperoleh keterangan resmi dari pejabat maupun petinggi militer Korsel mengenai hal itu. Yang pasti, sebelumnya Korut sendiri memang telah dengan tegas menyatakan siap berperang jika ada upaya-upaya tertentu apapun untuk menghukum (dan menuduh) negerinya soal Cheonan.

Laporan Yonhap itu sendiri beredar sehari setelah Sekjen PBB Ban Ki-moon turut mengutarakan pandangan senada dengan AS, terkait krisis di Semenanjung Korea dan temuan tim investigasi bahwa Korut memang bersalah melakukan penyerangan. Ban pun menyerukan agar DK PBB mengambil langkah tegas sehubungan dengan masalah tersebut. (ito/jpnn)

SEOUL - Pihak Korea Utara (Korut) dilaporkan telah memerintahkan dan mengerahkan kekuatan militernya dalam posisi siaga perang. Hal itu terkait meningkatnya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close