Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Korut Diprediksi Segera Luncurkan Rudal ke Hawaii

Kamis, 18 Juni 2009 – 20:29 WIB
Korut Diprediksi Segera Luncurkan Rudal ke Hawaii - JPNN.COM
RUDAL KORUT - Sebuah foto tanpa tanggal yang dirilis Januari 2009 lalu, memperlihatkan aktivitas peluncuran dua buah rudal di lokasi yang tak dikenali di Korea Utara. Foto: KCNA/AFP.
TOKYO - Sebuah suratkabar terbitan Jepang, Kamis (18/6) ini, mengeluarkan sebuah prediksi dalam analisanya, bahwa Korut mungkin bakal meluncurkan rudal balistik jarak jauhnya ke Hawaii, pada awal Juli depan. Demikian antara lain laporan yang juga dikutip AP dan dimuat situs Foxnews, di sela ketegangan yang masih memuncak antara pihak Korut dan AS khususnya.

Sebagaimana prediksi harian Yomiuri, rudal dimaksud yang diyakini adalah Taepodong-2 yang berjarak tempuh hingga 4.000 mil, diperkirakan bakal diluncurkan dari kawasan Dongchan-ni di kawasan barat laut Korut. Adapun sumber yang dikutip oleh koran itu sendiri antara lain adalah analisa pihak Kementerian Pertahanan Jepang, serta data intelijen dari satelit AS.

Dalam analisa itu, disebutkan bahwa Taepodong-2 bakal meluncur melewati kawasan udara Jepang menuju Hawaii, namun berkemungkinan tidak mencapai pulau-pulau utama kawasan negara bagian AS tersebut, yang berlokasi sekitar 4.500 mil dari Korut.

Perkiraan itu sekaligus mencantumkan bahwa peluncuran rudal mungkin terjadi di antara tangal 4 sampai 8 Juli. Terkait hal ini, koran tersebut mengingatkan bahwa Taepodong-2 pertama kali pernah diluncurkan oleh Korut pada 4 Juli 2006 lalu, sementara 8 Juli adalah hari peringatan wafatnya tokoh pendiri Korut, Kim Il Sung.

TOKYO - Sebuah suratkabar terbitan Jepang, Kamis (18/6) ini, mengeluarkan sebuah prediksi dalam analisanya, bahwa Korut mungkin bakal meluncurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close