Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Menduga Itong Memengaruhi Hakim Lain untuk Kendalikan Putusan

Jumat, 04 Maret 2022 – 14:31 WIB
KPK Menduga Itong Memengaruhi Hakim Lain untuk Kendalikan Putusan - JPNN.COM
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga hakim nonaktif Itong Isnaeni Hidayat memengaruhi pihak terkait di lingkungan pengadilan. KPK mendalami hal tersebut dengan memanggil hakim-hakim lainnya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan tiga hakim sudah diperiksa untuk mendalami hal tersebut.

Mereka ialah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Kelas IA Khusus Dju Johnson Mira Mangingi, mantan Hakim Ad Hoc Pengadilan Negeri Surabaya Kusdarwanto, dan Hakim Pengadilan Negeri Surabaya Gunawan Tri Budiono.

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya peran aktif tersangka IIH (Itong Isnaeni Hidayat) untuk mendekati berbagai pihak yang berperkara di PN Surabaya dengan menjanjikan akan memutus perkara sesuai permintaan dari para pihak dimaksud dengan adanya pemberian sejumlah uang," kata Fikri dalam keterangannya, Jumat (4/3).

Fikri merahasiakan lebih lanjut keterlibatan dan kedekatan Hakim Itong dengan saksi-saksi di atas. Menurut dia, proses penyidikan masih berjalan dan akan dibuka saat di persidangan.

Dalam konstruksi, Itong selaku hakim tunggal PN Surabaya menyidangkan perkara permohonan pembubaran PT SGP yang diwakili Hendro sebagai kuasa hukum perusahaan tersebut.

KPK menduga ada kesepakatan antara Hendro dan perwakilan perusahaan tersebut untuk menyiapkan sejumlah uang diberikan kepada hakim berkisar Rp 1,3 miliar.

Kesepakatannya dimulai dari tingkat putusan pengadilan sampai putusan MA. Langkah awal realisasi, dia menemui Hamdan dan meminta agar hakim yang menangani perkara itu memutus sesuai keinginan Hendro.

KPK menduga hakim nonaktif Itong Isnaeni Hidayat memanfaatkan pengaruhnya di lingkungan pengadilan. Hakim Itong juga memberikan uang sebagai pemulus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close