Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPPU Tahan XL Akuisisi Axis

Kamis, 12 Desember 2013 – 04:04 WIB
KPPU Tahan XL Akuisisi Axis - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Rencana strategis operator telepon seluler XL Axiata mengakuisisi Axis bakal alot. Meski sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), rencana tersebut tertahan karena terancam tidak disetujui oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Ketua KPPU Nawir Messi mengatakan, KPPU sudah menerima permohonan konsultasi akuisisi XL terhadap Axis sejak 1 Agustus 2013 lalu. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen, KPPU lantas melakukan penilaian awal.

"Hasil sementara, akuisisi ini berpotensi melanggar UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, sehingga KPPU belum memberi persetujuan," ujarnya Rabu (11/12).

Sebagaimana diketahui, pada 26 September lalu, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi bersama Chairman of the Board of Saudi Telecom Company Abdulaziz A. Alsugair telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement - CSPA) atas Axis senilai USD 865 juta atau sekitar Rp 9,9 triliun. Sesuai aturan main, XL lantas melayangkan surat ke Kemenkominfo dan KPPU untuk memperoleh persetujuan akuisisi.

Pada 28 November 2013, Kemenkominfo sudah memberikan lampu hijau. Alasannya, akuisisi tersebut bisa mendorong efisiensi industri telekomunikasi.

Selain itu, XL juga berjanji mengembalikan 1 blok frekuensi 3G. Blok yang dikembalikan itu rencananya akan dilelang oleh pemerintah dan diperkirakan bisa menghasilkan penerimaan negara hingga Rp 500 miliar.

Lantas, apa alasan KPPU belum menyetujui rencana akuisisi? Messi mengatakan, KPPU melihat konsentrasi pasar yang terbentuk pasca akuisisi ini melebihi threshold yang ditetapkan oleh PP Nomor 57 tahun 2010 tentang Penggabungan Badan Usaha, yaitu di atas 1800 HHI (Hirschman Herfindahl Index) dan/atau memiliki delta (perubahan) sebelum dan sesudah akuisisi lebih dari 150 poin. Semakin tinggi HHI, pasar cenderung mengarah pada monopoli dan tidak sehat bagi suatu industri.

Hasilnya, untuk pasar jasa telekomunikasi seluler ini, KPPU melihat bahwa konsentrasi pasar sebelum akuisisi ini adalah sebesar 2653 HHI dan setelah akuisisi menjadi 2904. Adapun delta (perubahan) dari konsentrasi pasar ini adalah 251.

JAKARTA - Rencana strategis operator telepon seluler XL Axiata mengakuisisi Axis bakal alot. Meski sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Komunikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com