Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Krisis Keuangan Global, Hindari Kebijakan Unilateral

Senin, 10 November 2008 – 09:27 WIB
Krisis Keuangan Global, Hindari Kebijakan Unilateral - JPNN.COM
SAO PAOLO - Krisis keuangan global harus dibendung lewat kebijakan yang mendunia. Pasalnya, kebijakan unilateral di tiap negara yang tak terkoordinasi justru makin mempersulit proses pemulihan krisis. Terutama di negara-negara yang sedang berkembang.

Hal tersebut merupakan salah satu kesimpulan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G-20 di Sao Paolo, Brazil. Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rangkaian kebijakan mengatasi krisis harus terkoordinasi secara global. Contoh langkah unilateral yang menyulitkan negara-negara lain adalah soal kebijakan bailout besar-besaran yang dilakukan negara-negara maju.

"Bailout besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintah negara-negara maju yang dibiayai melalui penjualan obligasi ke pasar yang sedang kesulitan likuiditas, telah meningkatkan biaya bunga obligasi negara-negara sedang berkembang. Ini terjadi pada saat mereka justru membutuhkan dana untuk membiayai defisit anggaran sebagai kebijakan yang counter-cyclical (mengatasi krisis)," kata Sri dalam keterangan resminya Minggu (9/11).

Pertemuan di Sao Paolo juga membicarakan kebutuhan perbaikan sistem keuangan internasional. Antara lain, kebutuhan mendesak jangka pendek untuk meningkatkan likuiditas kredit. Juga, meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga keuangan internasional seperti IMF, Bank Dunia dan ADB dalam memberikan bantuan dengan persyaratan yang lebih ringan. (sof/bas)

SAO PAOLO - Krisis keuangan global harus dibendung lewat kebijakan yang mendunia. Pasalnya, kebijakan unilateral di tiap negara yang tak terkoordinasi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA