Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Krisis Perancis Bisa Berujung Rasis

Minggu, 18 Juli 2010 – 11:21 WIB
Krisis Perancis Bisa Berujung Rasis - JPNN.COM
PARIS -Insiden boikot latihan yang dilakukan para pemain Prancis jelang laga pemungkas grup A melawan Afrika Selatan di Piala Dunia 2010 masih ramai dibicarakan di Prancis. Mantan pemain timnas Prancis Lilian Thuram juga menyuarakan keprihatinannya. Thuram lebih menyoroti dampak yang ditimbulkan akibat aksi boikot yang dilakukan Patrice Evra dkk. Menurut mantan pemain Parma, Juventus, dan Real Madrid itu, aksi tersebut bisa berujung pada prasangka rasisme di Prancis.

   

Gara-gara ulah sebagian pemain, akan mudah bagi orang-orang yang selama ingin tidak menyukai dominasi pemain kulit hitam dalam skuad Les Bleus (julukan Prancis). Mereka bisa menjadikan isu itu sebagai dalih karena terlalu banyak pemain kulit hitam.  Memang, dari 23 pemain yang menghuni skuad Prancis, hanya beberapa gelintir saja yang berkulit putih. Mereka antara lain, Hugo Lloris, Cedric Carasso, Anthony R"veill"re, S"bastien Squillaci, Marc Planus, Franck Rib"ry, Jeremy Toulalan, Andr"-Pierre Gignac, Yoann Gourcuff, dan Mathieu Valbuena.

   

Sisanya, adalah pemain kulit hitam. Fakta itu pernah menjadi sasaran hujatan oleh politisi ultra kanan Prancis Jean Marie Le Pen. Menurut dia, tim besutan Raymond Domenech itu pada Piala Dunia 2010, sama sekali tidak menggambarkan Prancis. Yang mendominasi adalah para pemain kulit hitam dan imigran. Hal itu membuat kecintaan mereka terhadap timnas dan bendera Prancis sangat minim. Mereka hanya mempedulikan kejayaan pribadi dan uang, bukan kebanggaan sebagai orang Prancis.

     

Nah, hal seperti itu yang tidak diinginkan Thuram. Dengan kegagalan Prancis plus aksi boikot itu membuat orang-orang seperti Le Pen menjadi punya senjata. Mereka bisa membuat kesimpulan yang dangkal atas insiden boikot dan dibawa ke arah rasisme.

   

PARIS -Insiden boikot latihan yang dilakukan para pemain Prancis jelang laga pemungkas grup A melawan Afrika Selatan di Piala Dunia 2010 masih ramai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close