Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KS Pasok Baja untuk Panser Pindad

Jumat, 29 Agustus 2008 – 17:21 WIB
KS Pasok Baja untuk Panser Pindad - JPNN.COM
JAKARTA--Pemerintah siap menyesuaikan harga pengadaan panser 6x6 tahap II sebanyak 130 unit, yang dipesan melalui pabrik senjata PT. Pindad. Penyesuaian harga tersebut dipicu kenaikan harga baja.

 "Yah karena harga bahan bakunya berbeda, tentu harga tahap II dengan tahap I juga berbeda. Tapi, untuk 20 unit tahap satu, tidak ada penyesuaian karena bahan bakunya semuakan sudah ada. Lain dengan tahap II," tegas Wakil Presiden HM. Jusuf Kalla disela-sela kunjungannya ke PT. Pindad, Bandung Jawa Barat, 29 Agustus 2008.

 Turut mendampingi JK pada kunker ke Jawa Barat Menteri Perindustrian Fahmi Idris,  Sesmeneg BUMN Said Didu, Sesmenhan Sjafrie Sjamsuddin, serta sejumlah kader Dan fungsionaris DPP Golkar seperti Airlangga Hartanto, Nurul Arifin, serta Ricky Rahmadi.

Direktur PT. Pindad, A. Soedarsono menjelaskan pengadaan panser 6x6 150 unit yang melibatkan 50 industri nasional, cukup terkendala dengan kenaikan harga baja.

Untuk baja tahan peluru naik 62 hingga 100 persen. Baja biasa 15 hingga 40 persen. Juga, ada kenaikan biaya angkutan barang 30 persen.

"Makanya, untuk 130 panser berikutnya, diharapkan diharapkan didukung baja tahan peluru dari PT. KS untuk mengurangi resiko kenaika harga," tegas Soedarsono.

Selain itu, Soedarsono juga menegaskan saat ini, Pt. Pindad juga terkendala pembiayaan. APBN tahun 2008 untuk 20 unit baru diterima uang muka 20 persen dari total Rp151 miliaPadahal, PT. Pindad telah melakukan kontrak pengadaan komponen utama untuk 150 panser."Tidak ada kepastian karena uang muka tahap 1 saja belum bisa ditagih gara-gara belum satupun panser kelar. PT. Pindad terpaksa menggunakan dana perbankan dengan perkiraan bunganya mencapai Rp5,2 milyar," keluh Soedarsono.

Pemerintah memesan 150 unit panser ke Pindad. Akan direalisasikan dalam dua tahap. Tahap I di tahun 2008 sebanyak 20 unit, selebihnya tahap II tahun 2009. Untuk tahap I, 20 panser tersebut akan selesai sebelum HUT TNI 5 Oktober mendatang. Rencananya, panser tersebut bisa ambil bagian dalam upacara peringatan HUT TNI. (ysd)

JAKARTA--Pemerintah siap menyesuaikan harga pengadaan panser 6x6 tahap II sebanyak 130 unit, yang dipesan melalui pabrik senjata PT. Pindad. Penyesuaian

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA