Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

KSAD Pantau Hasil Penelitian UGM Terkait Alat GeNose yang Bisa Mendeteksi Covid-19

Senin, 21 September 2020 – 23:59 WIB
KSAD Pantau Hasil Penelitian UGM Terkait Alat GeNose yang Bisa Mendeteksi Covid-19 - JPNN.COM
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat berkunjung ke UGM. Foto: dok. Mabes TNI AD

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan kunjungan ke Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Dalam kunjungan ini, Andika memantau langsung hasil penelitian yang dilakukan UGM terkait inovasi alat kesehatan dalam penanganan pandemi COVID-19.

Alat kesehatan yang merupakan hasil inovasi UGM adalah GeNose. Alat tersebut bisa mendeteksi virus COVID-19 dari tiupan napas.?
?
Kuwat Triyana, selaku KetuaTim Inventor Peneliti UGM menjelaskan tentang hasil sementara penelitian cara kerja GeNose pada Jenderal Andika.

“Seperti ini bapak, kami ambil pakai kantong plastik kemudian ini diganti, nanti tinggal disedot menggunakan pompa masuk ke ruang sensor, nanti ruang sensor ini yang ada di dalam ini yang nanti akan mensensing gas-gas yang keluar dari napas tadi,” kata Triyana dalam keterangannya, Senin (21/9).

Menurut dia, GeNose bisa memberikan akurasi hingga 97 persen untuk memastikan seseorang positif COVID-19 atau tidak. Dalam kesempatan itu, UGM mengajak Mabes TNI AD untuk bekerja sama melakukan pengembangan alat tersebut.

Jenderal Andika pun merespons baik ajakan kerja sama dari pihak UGM. “Uji diagnostik dengan uji klinis apa yang bisa kami bantu, misalnya dibutuhkan rumah sakit kami siap bantu, pokoknya kami dukung lebih cepat lebih bagus karena waktu ini urgen sekali,” kata Andika.

KSAD memastikan, TNI Angkatan Darat siap bekerja sama dan mendukung segala bentuk inovasi untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.? “Dalam bentuk apa pun akan kami dukung,” tandas Andika. (cuy/jpnn)

loading...