Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kuat di Jabar, Ridwan Kamil Cawapres Ideal untuk Ganjar

Jumat, 15 September 2023 – 13:12 WIB
Kuat di Jabar, Ridwan Kamil Cawapres Ideal untuk Ganjar - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memegang patung Bung Karno di GOR & Taman Saparua, Bandung, Sabtu (28/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Trias Politika Agung Baskoro menilai Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil sangat cocok berpasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya, kedua mantan gubernur itu saling melengkapi satu sama lain dalam berbagai aspek.

“Duet Ganjar-RK saling melengkapi karena memiliki basis massa yang berbeda. Dalam konteks demografi, Ganjar punya ceruk di Jateng, sementara RK di Jabar,” kata Agung kepada wartawan.

Dilihat dari partai pengusung, baik Ganjar dan RK berbeda habitat politik. Bila PDIP yang menaungi Ganjar identik sebagai partai nasionalis kiri, maka Golkar cenderung menggarap ceruk pemilih nasional (tengah).

Selain itu, elektabilitas RK sebagai cawapres juga di atas sebagaian besar tokoh lain, sehingga memperbesar peluang kemenangan.

“Apalagi Jawa Barat sebagai wilayah belum banyak dilirik sebagaimana Jawa Timur. Padahal, semua paham bahwa elektabilitas Ganjar lemah di bumi pasundan,” tegas Agung lagi.

Agung melihat peluang RK lebih besar ketimbang Menko Polhukam Mahfud MD.

“Peluang RK membesar bila pertimbangannya akseptabilitas elite, jika dibanding Mahfud yang selama ini dikenal sebagai pendekar konstitusi,” kata Agung.

Pengamat politik dari Trias Politika Agung Baskoro menilai Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil sangat cocok berpasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close