Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kubu Jokowi Yakin Fenomena Pilgub Jakarta akan Terjadi

Minggu, 29 Juni 2014 – 13:30 WIB
Kubu Jokowi Yakin Fenomena Pilgub Jakarta akan Terjadi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Juru bicara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto menyebut ada beberapa faktor yang membuat banyak pemilih lebih suka menyembunyikan pilihannya.

Menurut Hasto, berbagai tindakan kampanye hitam yang menyerang Jokowi, dipadukan dengan temuan adanya pergerakan Babinsa yang mendukung capres tertentu, serta berbagai bentuk intimidasi dan kekerasan yang dialami pendukung Jokowi seperti yang terjadi di Jogja, ikut memengaruhi.

Akibatnya, ia menambahkan, kecenderungan "undecided voters" terlihat semakin meningkat.
Ia menambahkan penyembunyian preferensi pilihan tersebut menjadi strategi rakyat yang mujarab.

Wakil Sekjen PDI Perjuangan ini menambah lebih-lebih di tengah kecenderungan adanya lembaga survei yang dipakai sebagai alat pemenangan.

Dia pun mengingatkan bagaimana menjelang pemilu legislatif, saat itu Partai Gerindra mempromosikan secara besar-besaran hasil lembaga survei INES yang memenangkan Gerindra.

Survei yang jauh dari kenyataan tersebut hanya menjadi alat pemenang, tetapi hasilnya jauh dari kenyataan. Karena itulah lembaga survei INES tersebut langsung lenyap, bermetamorfose menjadi bentuk lain.

"Untunglah publik menjadi cerdas, bahwa survei memang bisa menjadi alat untuk membangun persepsi menang, namun rakyatlah sebenarnya sebagi sang penentu pilihan," ucap Hasto di Jakarta, Minggu (29/6).

Skenario "hasil survei yang diintervensi" dan kemudian dipromosikan secara besar-besaran memang sangat memungkinkan. Hal ini terjadi karena kekuatan modal.

JAKARTA - Juru bicara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto menyebut ada beberapa faktor yang membuat banyak pemilih lebih suka menyembunyikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA