Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kulit Ashanty Bentol, Efek Penyakit Autoimun?

Jumat, 22 November 2019 – 05:05 WIB
Kulit Ashanty Bentol, Efek Penyakit Autoimun? - JPNN.COM
Ashanty. Foto Instagram

jpnn.com - Kondisi kesehatan Ashanty kembali menurun. Bahkan sudah beberapa hari ini Ashanty dirawat di rumah sakit. Meski begitu, ada satu kondisi pada Ashanty yang menarik perhatian masyarakat, yaitu perubahan pada kulitnya.

Kulit istri Anang Hermansyah itu bentol di sekujur tubuhnya. Beberapa orang menduga bahwa kondisi tersebut merupakan efek penyakit autoimun yang dialaminya. Lalu benarkah hal tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, hingga saat ini sebenarnya belum ada yang bisa memastikan penyebab dari munculnya banyak bentol di tubuh Ashanty.

Penyebab kulit Ashanty bentol

Saat ditanya pendapat soal kulit Ashanty bentol beserta riwayat penyakit yang dialaminya, dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter mengungkapkan bahwa memang ada kemungkinan bahwa keadaan tersebut adalah efek dari penyakit autoimun. Namun, itu baru kemungkinan.

Sebab, bentol, kemerahan dan gatal dapat dipicu oleh banyak hal selain kondisi autoimun. 

“Bentol di kulit itu penyebabnya ada banyak. Bisa karena alergi dan lain sebagainya. Tapi, kalau dilihat dari riwayat autoimun, bisa saja itu efek dari penyakit tersebut. Ada memang penyakit autoimun yang gejala-gejalanya timbul di kulit, misalnya Lupus, jenis spesifiknya adalah discoid lupus erythematosus,” jelas dr. Alvin. 

Lupus itu adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi karena daya tahan tubuh menyerang sel dan jaringan sendiri. Penyakit ini paling sering ditemui pada wanita, khususnya yang sudah 30 atau 40 tahun. 

Beberapa orang menduga bahwa tubuh Ashanty yang bentol-bentol merupakan efek penyakit autoimun yang dialaminya. Lalu benarkah hal tersebut?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close