Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungan Kerja Menko Airlangga ke LN Memperkuat Posisi Indonesia di Forum Global

Kamis, 13 Juni 2024 – 18:22 WIB
Kunjungan Kerja Menko Airlangga ke LN Memperkuat Posisi Indonesia di Forum Global - JPNN.COM
Menkoperekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan khusus dengan Menteri Perdagangan Eurasian Economic Commission (EEC) Andrey Slepnev di Moskow dalam lawatannya ke Rusia. Foto: dok Sumber

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto dinilai berhasil memperkuat positioning Indonesia di forum internasional melalui serangkaian kunjungan kerjanya ke negara-negara sahabat selama sebulan terakhir ini.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri dalam wawancara kepada media, Rabu (12/6).

Menurutnya, perjalanan dinas yang dilakukan Menko Airlangga sangat diperlukan untuk mempromosikan dan memperkuat kerja sama ekonomi Indonesia dengan berbagai negara.

"Karena kita memang membutuhkan kerja sama ekonomi yang lebih kuat dalam rangka menunjang pembangunan ekonomi seperti menarik investor-investor luar maupun menjalin hubungan perdagangan dan berbagai opportunity-opportunity lainnya," kata Yose Rizal Damuri.

Kemudian, lanjut Yose, dari sisi diplomasi tentunya dengan kunjungan ke luar negeri itu maka dampak positif yang bisa dihasilkan adalah bagaimana memperkuat diplomasi dan posisi Indonesia di dalam konteks forum internasional.

"Diplomasi dan kerja sama ekonomi itu kita perlukan untuk menunjang proporsi Indonesia secara lebih umum, terutama di dalam konteks geopolitik yang sekarang ini memang sangat dinamis sifatnya," ujar dia.

Berbagai kunjungan luar negeri ini, tambah Yose, juga menunjukkan sebuah keberhasilan Airlangga Hartarto yang piawai dalam melakukan lobi-lobi dan meyakinkan sosok ataupun lembaga yang ditemuinya.

"Meskipun itu merupakan bagian dari tugas Airlangga sebagai menko perekonomian, tapi bonus lainnya adalah dia membuktikan kemampuannya dalam bernegosiasi dan dari aspek kepemimpinannya, maka tak heran jika Indonesia lebih punya value secara politik luar negeri," ujar dia.

Berbagai kunjungan luar negeri ini, tambah Yose, juga menunjukkan sebuah keberhasilan Airlangga Hartarto yang piawai dalam melakukan lobi-lobii

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close