Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungi Indramayu, Menteri Teten Serahkan Program Restrukturisasi Pinjaman untuk KSP

Minggu, 19 Juli 2020 – 14:10 WIB
Kunjungi Indramayu, Menteri Teten Serahkan Program Restrukturisasi Pinjaman untuk KSP - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam kunjungan kerja di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (18/7). Foto: Kemenkop UKM

jpnn.com, INDRAMAYU - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) terus berupaya membantu koperasi simpan pinjam (KSP) bertahan dan mampu melewati masa pandemi Covid-19.

Salah satu program andalan kementerian pimpinan Teten Masduki itu pada masa pandemi Covid-19 adalah Restrukturisasi Pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Sabtu (18/7), Menteri Teten melakukan kunjungan kerja di Indramayu, Jawa Barat guna menyerahkan bantuan Program Restrukturisasi Pinjaman/Pembiayaan LPDB- KUMKM secara simbolis kepada KSP Mitra Jasa. Menurutnya, restrukturisasi itu merupakan bagian dari upaya Kemenkop UKM dalam memberikan dukungan terhadap koperasi dan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kita ingin meringankan beban koperasi terdampak dengan restrukturisasi utang, agar koperasi bisa bernapas terus, juga UMKM yang jadi anggotanya, karena kita pahami kini semuanya sedang kesulitan ekonomi,” ujar Teten saat menyampaikan kata sambutan.

Pada kesempatan sama Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menjelaskan, KSP Mitra Jasa merupakan satu dari 40 koperasi yang mendapatkan fasilitas restrukturisasi dari LPDB-KUMKM. Menurutnya, KSP Mitra Jasa mengalami masalah likuiditas akibat terdampak wabah Covid-19.

Melalui prgram restrukturisasi itu, KSP memperoleh penundaan pembayaran cicilan pinjamannya ke LPDB-KUMKM hingga 6 bulan ke depan.

“Karena setelah kami analisis, mereka kena dampak Covid-19, anggotanya banyak yang meminta penundaan pembayaran yang mereka sudah lakukan kepada anggota, sehingga kesulitan likuiditas oleh koperasinya. Karena itu wajar sekali kami lakukan restrukturisasi,” terang Supomo. 

KSP Mitra Jasa merupakan salah satu mitra LPDB-KUMKM yang bergerak di sektor simpan pinjam. Jumlah anggota sebanyak 77.959 orang.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) terus berupaya membantu koperasi simpan pinjam (KSP) bertahan dan mampu melewati masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close