Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungi Komunitas Osing, Ganjar Disuguhi Pembacaan Lontar Kisah Nabi Yusuf

Kamis, 08 Februari 2024 – 14:41 WIB
Kunjungi Komunitas Osing, Ganjar Disuguhi Pembacaan Lontar Kisah Nabi Yusuf - JPNN.COM
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berdialog dengan sesepuh masyarakat Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis (8/2/2024). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, BANYUWANGI - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo kembali menyatakan komitmennya melindungi masyarakat adat.

Kontestan Pilpres 2024 yang berpasangan dengan Mahfud Md tersebut mengulangi pernyataannya soal itu saat mengunjungi masyarakat Osing di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/1/2024).

Masyarakat Osing dianggap sebagai suku asli Banyuwangi. Mereka dikenal juga dengan sebutan Laros -akronim dari Lare Osing- yang memiliki bahasa sendiri varietas dari Jawa Kuno.

Dalam rangkaian safari politik pada masa kampanye Pilpres 2024, Ganjar mendatangi warga Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Saat ini, Kemiren telah menjadi Desa Wisata Osing.

Di Kemiren, warga Osing masih mempertahankan kompleks perkampungan dengan bangunan adat beserta kesenian dan tradisinya. Untuk menjangkau desa itu, Ganjar berjalan sejauh sekitar 500 meter dari jalan raya.

Di sepanjang perjalanan menuju Desa Kemiren, Ganjar melewati perumahan penduduk. Warga setempat pun menyapa dan menyalami gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu.

Begitu sampai di Desa Kemiren, Ganjar dikalungi selendang dan diberi penutup kepala khas Osing. Para ibu di Kemiren juga memainkan lesung untuk menyambutnya.

Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu juga disuguhi pembacaan lontar berisi kisah Nabi Yusuf.

Ganjar Pranowo kembali menyatakan komitmennya melindungi masyarakat adat saat mengunjungi komunitas Osing di Kabupaten Banyuwangi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close