Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungi Masjid Istiqlal, Jokowi Sebut Wacana Pembukaan pada Juli

Selasa, 02 Juni 2020 – 14:44 WIB
Kunjungi Masjid Istiqlal, Jokowi Sebut Wacana Pembukaan pada Juli - JPNN.COM
Masjid Istiqlal akan menerapkan protokol kesehatan saat dimulainya new normal. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6) pagi. Dalam kunjungannya itu, pria yang akrab disapa Jokowi ini ingin melihat progres pembangunan dan kesiapan Masjid Istiqlal dalam menerapkan protokol tatanan hidup baru atau new normal.

"Pagi hari ini, saya kembali ke Masjid Istiqlal untuk mengecek progres perkembangan renovasi besar Masjid Istiqlal. Sampai hari ini, tadi sudah disampaikan telah selesai kurang lebih 90 persen dan renovasi besar ini akan diselesaikan, insyaallah, awal Juli," kata Jokowi.

Dalam kunjungannya ini, Jokowi ditemani oleh Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Jokowi menerangkan pembangunan masjid sedikit terkendala karena adanya pandemi virus Corona.

Mengenai waktu pembukaan masjid, menurut Jokowi, masih dikaji oleh pihak rumah ibadah tersebut.

Namun, Jokowi mengungkapkan ada wacana pembukaan masjid untuk umum pada bulan depan.

"Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kami putuskan. Tetapi tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin, Bapak Imam Besar Masjid Istiqlal bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada Juli," kata Jokowi.

Jokowi menyerahkan keputusan pembukaan itu kepada Nasaruddin beserta pihak Masjid Istiqlal. Hanya saja, Jokowi menitipkan cara peribadatan atau aktivitas di Masjid Istiqlal harus mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Keputusannya nanti ada di Bapak Imam Besar. tentu saja mulai saat ini, saya titip, mulai disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari Covid," jelas dia. (tan/jpnn)

Presiden Jokowi mempersilakan pengurus Masjid Istiqlal untuk menentukan waktu pembukaan bagi masyarakat.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close