Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kuota PPPK Tenaga Teknis 2023 Memelesat, Formasi Guru Tetap Minim

Kamis, 03 Agustus 2023 – 10:55 WIB
Kuota PPPK Tenaga Teknis 2023 Memelesat, Formasi Guru Tetap Minim - JPNN.COM
Kuota PPPK Tenaga Teknis 2023 yang ditetapkan KemenPAN-RB meningkat pesat, sayangnya formasi guru tetap minim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menetapkan formasi CPNS 2023 dan PPPK sebanyak 572.474.

Dari jumlah tersebut, kuota PPPK tenaga teknis meningkat signifikan, bahkan melampaui dari kebutuhan.

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Aba Subagja mengungkapkan formasi ASN 2023 yang ditetapkan jauh dari kebutuhan.

"Sebenarnya yang dibutuhkan 1.030.571, tetapi usulan instansi pusat dan daerah minim sehingga yang ditetapkan hanya 572.474," kata Aba yang dihubungi JPNN.com pada 1 Agustus.

Jumlah formasi itu pun kata Aba, masih bisa berubah angkanya. Penyebabnya macam-macam, bisa dari pelamar, Pemda, serta lainnya.

"Sudah dikasih formasi, tetapi kalau instansinya tidak membuka rekrutmen kan bisa mengurangi kuota ASN 2023," terangnya.

Begitu juga dari sisi pelamar. Walaupun instansi sudah membuka, tetapi kalau tidak ada yang melamar atau minim pendaftar, maka formasinya tidak terserap maksimal.

Dia hanya berharap bagi instansi pusat dan daerah yang sudah diberikan formasi CPNS 2023 dan PPPK 2023 bisa membuka seleksi tahun ini sesuai SK penetapan formasi oleh MenPAN-RB Azwar Anas.

Kuota PPPK Tenaga Teknis 2023 yang ditetapkan KemenPAN-RB meningkat pesat, sayangnya formasi guru tetap minim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close