Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kurikulum Bencana Dianggap Seksi

Jumat, 18 Maret 2011 – 23:21 WIB
Kurikulum Bencana Dianggap Seksi - JPNN.COM
JAKARTA— Kondisi geografis Indonesia yang berada di titik rawan gempa, membuat Universitas Indonesia (UI) semakin giat menggalakkan kurikulum kebencanaan yang sudah diterapkan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).

Rektor UI Rusliwa Gumilar Soemantri  mengatakan, UI telah siap untuk bekerjasama dengan universitas luar negeri atau lembaga internasional lainnya untuk mengembangkan kurikulum kebencanaan.

“Tentunya, kami akan mengemas dan mencitrakannya sedemikian mungkin sehingga akan mampu menarik peminatnya atau mahasiswa untuk mempelajari pengetahuan kebencanaan ini,” ungkap Gumilar ketika ditemui usai acara penutupan Rembuk Pendidikan Nasional di 2011 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdiknas, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Jumat (18/3).

Sebenarnya, lanjut Gumilar, ilmu pengetahuan mengenai kebencanaan atau ilmu sains lainnya adalah bidang yang cukup ‘seksi’ khususnya dari segi pendanaan internasionalnya. “Untuk bidang ini, banyak sekali beasiswa yang ditawarkan baik dari universitas  dalam negeri dan luar negeri. Namun, untuk menarik peminatnya, tergantung bagaimana kita mengemasnya. Pasalnya, hingga saat ini sebagian besar perguruan tinggi kurang pandai mengemas bidang-bidang ‘seksi’ tersebut,” jelansya.

JAKARTA— Kondisi geografis Indonesia yang berada di titik rawan gempa, membuat Universitas Indonesia (UI) semakin giat menggalakkan kurikulum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close