Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kwikku, Jejaring Sosial Lokal Terlengkap Kreasi Mahasiswa Malang

Selasa, 07 Januari 2014 – 09:01 WIB
Kwikku, Jejaring Sosial Lokal Terlengkap Kreasi Mahasiswa Malang - JPNN.COM

jpnn.com - Nama Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial sudah sangat mendunia. Namun, dua mahasiswa asal UIN ingin mendobrak dominasi jejaring sosial asing tersebut. Pada November 2013 mereka membuat jejaring lokal Kwikku. Saat ini penggunanya sudah mencapai 22 ribu orang.

IRHAM THORIQ, Malang

HIDUP Hamdi Musaad dan Ifa Alif, mahasiswa semester lima Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang tidak pernah jauh dari laptop. Saat koran ini menemui mereka di sebuah kafe di Jalan Sigura-gura pada Minggu (5/1) lalu, keduanya sangat serius menggeser-geser kursor laptop.

Sambil sesekali menyeruput kopi susu yang dipesannya, secara bergantian mereka menjelaskan jejaring sosial yang belum lama ini mereka bentuk, tepatnya pada November 2013. Kendati baru berdiri, jejaring sosial yang mereka beri nama Kwikku tersebut telah menjaring 22.129 pengguna.

Tidak lama berselang, keduanya membuka laman www.kwikku.com, yang tak lain alamat jejaring sosial yang mereka buat. Arah panah kursor lantas menunjuk ke sejumlah menu tampilan di website jejaring sosial tersebut. "Ya, kami memang selalu bawa laptop untuk mengecek ada tambahan pengguna atau untuk mengecek hal-hal lain," kata Hamdi membuka pembicaraan.

Pria asli Ambon yang selalu bicara dengan cepat ini menjelaskan asal usul pendirian Kwikku. Pada 2009 Hamdi memang sudah mempunyai website www.kwikku.com. Hanya, ketika itu yang dia unggah adalah cerita-cerita komik yang diambil dari buku-buku. Meski begitu, Hamdi menyatakan banyak yang menyukai website-nya. "Yang komentar banyak," imbuh mahasiswa kelahiran 18 Agustus 1993 itu.

Nah, karena banyaknya pembaca itulah, Hamdi tiba-tiba ingin menjadikan website-nya sebagai jejaring sosial. Setelah melakukan persiapan, website-nya resmi beralih menjadi jejaring sosial pada November 2013.

"Sebelumnya sudah jadi, tapi kompletnya baru November itu. Kami mau berubah karena kalau komik yang di upload aslinya kan ilegal karena tidak ada izin," sambung anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Nama Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial sudah sangat mendunia. Namun, dua mahasiswa asal UIN ingin mendobrak dominasi jejaring sosial asing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close