Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

La Nyalla Ajak Senator Angkat Persoalan Daerah ke Nasional

Sabtu, 02 November 2019 – 00:59 WIB
La Nyalla Ajak Senator Angkat Persoalan Daerah ke Nasional - JPNN.COM
Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (tiga dari kiri) bersama Wakil Ketua DPD dan pimpinan alat kelengkapan DPD, Jumat (1/11) di Surabaya. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti memerintahkan senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Dia menjelaskan, DPD lahir dari konsensus politik nasional untuk memperkuat fungsi perwakilan daerah di tingkat nasional, di samping perwakilan politik DPR.

Gagasan dasar pembentukan DPD adalah menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional, sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah.

"Karena itu, saya menekankan kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, membawa isu nasional ke daerah," kata Nyalla.

Hal itu diungkap Nyalla saat membuka Press Gathering DPD bersama Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/11).

La Nyalla berharap semua senator melihat, mencermati, mengidentifikasi, dan menemukan jalan keluar persoalan-persoalan di daerah untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan. "Untuk itu, kami membutuhkan peran media massa sebagai medium katalisator agar persoalan tersebut segera tertangani," ujarnya.

Senator asal Jawa Timur itu menyatakan, DPD harus menjalin sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara terutama pemerintah, demi mempercepat pembangunan di daerah.

Apalagi Presiden Jokowi sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesiasentris. Artinya, pembangunan yang merata, tidak hanya di Pulau Jawa. "Karena sejatinya wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke," ungkap Nyalla. (boy/jpnn)

La Nyalla berharap semua senator melihat, mencermati dan menemukan jalan keluar persoalan di daerah untuk disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close