Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lagu Halo-Halo Bandung Dijplak Menjadi Hello Kuala Lumpur, SAPMA Pemuda Pancasila Bereaksi, Tegas

Kamis, 14 September 2023 – 23:27 WIB
Lagu Halo-Halo Bandung Dijplak Menjadi Hello Kuala Lumpur, SAPMA Pemuda Pancasila Bereaksi, Tegas - JPNN.COM
Ketua Umum Pengurus Pusat SAPMA Pemuda Pancasila Aulia Arief. Foto: Dok. Pemuda Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila bereaksi keras soal penjiplakan lagu nasional Halo-Halo Bandung menjadi lagu berjudul Helo Kuala Lumpur.

Lagu yang muncul di salah satu kanal YouTube Malaysia tersebut dibuat dengan instrumen yang mirip dengan lagu nasional Indonesia Halo-Halo Bandung.

Ketua Umum Pengurus Pusat SAPMA Pemuda Pancasila Aulia Arief menegaskan penjiplakan lagu Halo-Halo Bandung diduga dilakukan oleh Malaysia tersebut tidak hanya sekadar pelanggaran hak cipta.

Namun, tindakan tersebut juga mencederai rasa persaudaraan antarnegara Indonesia dan Malaysia.

“Penjiplakan lagu oleh Malaysia juga mencederai rasa persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia,” ujar Aulia Arief dalam keterangan tertulis pada Kamis (14/9/2023).

Sekretaris Jenderal SAPMA Pemuda Pancasila Rio F Wilantara menegaskan organisasinya akan menindak keras setiap tindakan yang berpotensi memecah belah persatuan Republik Indonesia.

SAPMA Pemuda Pancasila menilai dugaan penjiplakan lagu oleh Malaysia tersebut tidak hanya sekadar pelanggaran hak cipta melainkan juga mencederai rasa persaudaraan antarnegara.

Oleh karena itu, SAPMA Pemuda Pancasila meminta Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dapat berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membuat nota protes kepada Pemerintah Malaysia terkait dugaan penjiplakan lagu Halo-Halo Bandung.

SAPMA Pemuda Pancasila bereaksi soal penjiplakan lagu nasional Halo-Halo Bandung menjadi lagu berjudul Helo Kuala Lumpur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close