Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Laksamana Siwi Pimpin Sertijab Komandan Kodiklatal dan Kepala Diskesal

Sabtu, 28 Desember 2019 – 02:00 WIB
Laksamana Siwi Pimpin Sertijab Komandan Kodiklatal dan Kepala Diskesal - JPNN.COM
Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin upacara Sertijab Komandan Kodiklatal dan Kepala Diskesal di Gedung Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/12). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) dan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal). Upacara Sertijab tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/12).

Menurut Laksamana Siwi, Kodiklatal merupakan lembaga pendidikan pembentukan dan pengembangan potensi personel Angkatan Laut merupakan kawah Candradimuka bagi seluruh personel TNI Angkatan Laut. Sedangkan Diskesal merupakan pembina fungsi kesehatan Angkatan Laut yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.

Jabatan Dankodiklatal diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Deddy Yulianto yang memasuki purna tugas kepada Laksamana Muda TNI Nurhidayat. Pejabat baru Dankodiklatal ini merupakan Komandan Kodiklatal ke-47, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas. Laksda TNI Nurhidayat merupakan Alumni AAL Angkatan-34 tahun 1988. Pengabdiannya di TNI AL sebagian besar dilaluinya di jajaran Koarmada.

Karier Laksda TNI Nurhidayat dimulai saat penugasan pertama di KRI Slamet Riyadi-352 sebagai Asisten Perwira Divisi Komunikasi. Selanjutnya, di KRI Kapitan Patimura-371 mulai dari  Kepala Departemen Operasi sampai menjabat sebagai Palaksa.

Selanjutnya menjabat Kepala Subdivisi Latihan Peknubika Puslatlekdalsen Kodikal, Komandan KRI Sura-802, Komandan Lanal Tegal, Komandan KRI Slamet Riyadi-352, Komandan Puslatlekdalsen Kobangdikal, Koorspri Kasal, Komandan Lanal Batam, Komandan Lantamal IX Ambon, Waasops Panglima TNI dan Bandep Lingstranas Setjen Wantannas.

Sedangkan jabatan Kadiskesal yang dijabat Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra D.I diserahterimakan kepada Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi yang sebelumnya menjabat Kepala Rumkital Dr. Ramelan, Surabaya.

Laksma TNI dr. Ahmad Samsulhadi merupakan lulusan Sepamilsuk ABRI tahun 1989. Beberapa jabatan penting yang pernah diembannya antara lain sebagai Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes) Denma Mabesal, Kasubdis Yankes Diskesal, Karumkital dr. Midiyanto Suratani, Kalakesla, dan Karumkital dr. Ramelan, Surabaya.

Selanjutnya, Kasal mengatakan dua jabatan yang diserahterimakan hari ini terkait erat dengan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Angkatan Laut yang menjadikannya sebagai posisi strategis bahkan kunci dari upaya peningkatan kualitas SDM kita agar dapat menjawab tantangan penugasan yang makin kompleks di masa mendatang.

Jabatan yang diemban ini pada hakikatnya merupakan titipan dan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara, pemerintah melalui TNI Angkatan Laut atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close