Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lamine Yamal Pemain Muda Terbaik EURO 2024

Senin, 15 Juli 2024 – 10:22 WIB
Lamine Yamal Pemain Muda Terbaik EURO 2024 - JPNN.COM
Lamine Yamal meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik di ajang Euro 2024. ANTARA/AFP/JAVIER SORIANO

jpnn.com - JAKARTA - Prestasi tidak hanya diukir Tim Nasional Spanyol yang menjadi juara EURO 2024, tetapi pemain mudanya Lamine Yamal juga menciptakan rekor.

Lamine Yamal mencatat sejarah meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik di ajang EURO 2024 setelah tampil gemilang dalam turnamen, termasuk di laga final melawan Inggris, yang mengantarkan Spanyol meraih gelar juara Piala Eropa untuk keempat kalinya.

Yamal, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 sehari sebelum laga final, menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final EURO atau Kejuaraan Eropa UEFA, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Brasil, Pele, sejak 1958.

Pemain muda Barcelona ini turut berkontribusi besar dalam kemenangan timnya dengan memberikan assist untuk gol pertama Spanyol. Dalam laga itu, Spanyol menaklukkan Inggris dengan skor 2-1.

"Saya sangat senang dan tidak sabar untuk kembali ke Spanyol dan merayakannya," kata Yamal seperti dikutip dari ESPN. "Ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang pernah saya terima. Sekarang saya ingin merayakannya bersama keluarga saya."

Penampilan Yamal sepanjang turnamen sangat mengesankan. Dia mencatatkan satu gol dan empat assist, jumlah assist terbanyak dalam satu kompetisi EURO sejak pencatatan statistik dimulai pada 1980.

Yamal juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol atau memberikan assist di babak perempat final, semifinal, dan final dalam satu edisi EURO.

Pele yang meninggal dunia pada 2022, berusia 17 tahun dan 249 hari saat bermain di final Piala Dunia 1958 untuk Brasil, yang mana dia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan Swedia.

Lamine Yamal mencatat sejarah meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik di ajang EURO 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close