Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Langkah Pemerintah Antisipasi Dampak Virus Corona ke Ekonomi Nasional

Sabtu, 29 Februari 2020 – 22:06 WIB
Langkah Pemerintah Antisipasi Dampak Virus Corona ke Ekonomi Nasional - JPNN.COM
Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Foto: ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

jpnn.com, JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan, mengatakan pemerintah sudah menyiapkan paket kebijakan ekonomi untuk mengantisipasi dampak virus corona.

"Kami sudah siapkan paket kebijakan ekonomi, termasuk insentif," kata Dany dalam telewicara pada diskusi Mengukur Efek Korona, Siapkah Kita?, di Jakarta, Sabtu (29/2). 

Dany menuturkan bahwa pemerintahan  mendorong belanja pemerintah bisa ditingkatkan melalui proyek infrastruktur padat karya, padat modal, serta padat penyerapan tenaga kerja.

"Ini penting untuk perputaran uang berjalan optimal di masyarakat," ungkap Dany.

Ia menambahkan pemerintah juga memberi insentif di sektor pariwisata. Menurutnya, salah satunya adalah memberikan diskon 30 persen hingga 35 persen untuk tiket pesawat menuju daerah pariwisata.

"Ini untuk menggerakkan laju pariwisata," tegasnya.

Menurut Dany lagi, pemerintah akan mempercepat bantuan program jaminan sosial. Anggaran jaminan kesehatan nasional (JKN), kartu Indonesia sehat (KIS), program keluarga harapan (PKH), dan paket-kartu pra kerja akan dioptimalkan.

Tidak hanya itu, Dany menambahkan pemerintah juga akan menurunkan suku bunga kredit di Bank Indonesia. Pemerintah sudah declare menurunkan suku bunga khusus untuk UMKM, agar bisa menyerap fasilitas kredit baik dan distribusi merata di wilayah dan sentra ekonomi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan, mengatakan pemerintah sudah menyiapkan paket kebijakan ekonomi untuk mengantisipasi dampak virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close