Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lantamal V Gelar Operasi Katarak Gratis, Begini Respons Wakil Bupati Gresik

Minggu, 15 Desember 2019 – 10:28 WIB
Lantamal V Gelar Operasi Katarak Gratis, Begini Respons Wakil Bupati Gresik - JPNN.COM
Wakil Danlantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba bersama Wabup Gresik M. Qosim meninjau pengobatan umum dan operasi katarak gratis di halamah RS. Walisongo 1, Gresik, Sabtu (14/12). Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, GRESIK - Banyak cara prajurit untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) Tahun 2019. Salah satunya menggelar Pengobatan Umum, Khitanan Massal dan Operasi Katarak bagi ratusan pasien secara gratis pada Sabtu (14/12).

Aksi sosial yang dipusatkan di halamah RS. Walisongo 1, Desa Karang Semanding,  Kecamatan Balong Panggang, Gresik, Jawa Timur ini,  merupakan kerja sama Lantamal V dengan Pemda Gresik, RS Walisongo l,  Yayasan Al Khoiryah Bandung dan Haya Khairyah Islamiah dari Kuwait (yayasan yang bergerak dalam bidang kemanuasian untuk kesehatan mata).

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Wadan Lantamal V) Kolonel Marinir Jasiman Purba mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono membuka pelaksanaan Baksoskes bersama Wakil Bupati Gresik Dr. M. Qosim.

Baksoskes Lantamal V 2019 kali ini, melayani 300 pasien Pengobatan Umum, 100 pasien Khitanan Massal dan 300 pasien Operasi Katarak yang berlangsung 14-17 Desember 2019. Pasien tersebut berasal dari Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Dawar Blandong dan Mantup.

Dalam pelaksanaannya, Lantamal V menurunkan 50 personel untuk mendukung kegiatan ini yang terdiri dari tiga dokter spesialis mata (Laksamana TNI (Purn) dr. Hadi Susilo, Letkol Laut (K/W) dr. Trisnarini dan  Letkol Laut  (K) dr. Wahyu), tiga dokter umum dari Diskes dan Rumkital Dr. Oepomo Lantamal,  sementara itu RS Walisongo menurunkan dua dokter umum dan 53 tenaga pendukung lainnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asintel Danlantamal V Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, Asrena Danlantamal V Kolonel Laut (S) Eko Setijono, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono, Aslog Danlantamal V Kolonel Laut (T) Dedi Sugiarto, Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. Saptono Putro,  Dirut RS. Walisongo Arif Handoko, Komisaris Yayasan Al Khoiryah Bandung, Komisaris Utama Haya Khairyah Islamiah dari Kuwait, Abdurahman Al Jayid dan undangan lainnya. 

Komandan Lantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal V mengatakan Lantamal V sebagai bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL, salah satu tugasnya adalah melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut.

Tugas tersebut diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi kondusif guna mendukung pembangunan nasional, seperti kegiatan bakti sosial kesehatan ini, juga diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa untuk membangun negara dan bangsa ini.

Banyak cara prajurit untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) Tahun 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close