Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Laporan Keuangan 47 Daerah Buruk

Selasa, 15 September 2009 – 11:49 WIB
Laporan Keuangan 47 Daerah Buruk - JPNN.COM
JAKARTA- BPK memberikan nilai buruk terhadap laporan keuangan 47 daerah. Hanya 8 daerah mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan opini wajar dengan pengecualian (WDP) 217 daerah. Sedangkan yang laporan keuangan daerahnya tidak wajar ada 21 daerah.

Menurut Ketua BPK RI Anwar Nasution, perkembangan opini laporan keuangan pemerintah daerah periode 2006 sampai 2008 menunjukkan opini WTP dan WDP. Juga penurunan pada opini tidak wajar dan disclaimer.

"Kondisi ini menunjukkan adanya perbaikan yang dicapai pemerintah daerah dalam menyajikan laporan keuangan yang wajar," cetus Anwar di rapat paripurna DPR RI, Selasa (15/9).

Hanya saja, lanjutnya, permasalahan yang sering ditemui dalam pemeriksaan keuangan daerah adalah sistem pengendalian intern (SPI) dan ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan di antaranya sistem informasi akuntasi dan pelaporan tidak memadai, perencanaan anggaran tidak memadai, dan kelebihan pembayaran tunjangan. (esy/JPNN)

JAKARTA- BPK memberikan nilai buruk terhadap laporan keuangan 47 daerah. Hanya 8 daerah mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dan opini wajar

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA